(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

TINGKATKAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN

Admin rsud | 25 November 2014 | 1608 kali

Dalam rangka HUT ke – 59 RSUD Kabupaten Bulelen, panitia pelaksana HUT menggelar sejumlah lomba intern. Seluruh lomba pada intinya sebagai bentuk motifasi untuk terus berupaya memberikan pelayanan berkualitas dan profesional kepada pasien, disamping untuk memupuk kekeluargaan dan kebersamaan. Salah satunya adlah lomba Nursing Care dan Administrasi ruangan yang dimotori oleh bagian keperawatan RSUD Kabupaten Buleleng.

Ditemui Selasa ( 25/11), kepala bagian pelayanan keperawatan RSUD Kabupaten Buleleng, I Gusti Ayu Dewi  Ariani, SKM.,M.Kes., mengatakan,” yang dilibatkan ruang ini adalah uang inap, ruang rawat insetif, dan VIP”.

Baik lomba Nursing Care, maupun Aadministrasi Ruangan, masing-masing memiliki latar belakang. Seperti disampaikan I Gusti Ayu Dewi  Ariani, latar lomba administrasi ruangan, yakni pentingnya dokumentasi keperawatan yang tepat dan benar sebagai salah satu aspek untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan.

“ Lomba administrasi Ruangan bertujuan untuk memotifasi teman sejawat dan bidan di ruangan pelayanan keperawatan untuk membuat pendokumentasian asuhan keperawatan dan asuhan kebidanan secara lengkap dan bena”, imbuh I Gusti Ayu dewi Ariani.

Menurut penjelasan I Gusti Ayu Dewi Ariani, kriteria penilaian lomba ini, mencakup dokumentasi keperawatan, kerapian dan penataan administrasi ruang di Nurse Station, serta kelengkapan buku administrasi ruang, seperti buku obat oral, injeksi, laundry/cucian, laboratorium, penugasan tim, tindakan, makanan, dan buku catatan lainnya.

Sementara itu, seperti dijelaskan I Gusti Ayu Dewi Ariani, latar belakang lomba Nursing Care, yakni pentingnya penampilan ruang pelayanan keperawatan yang bersih dan rapi sebagai salah satu aspek terlaksananya perawatan dasar untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan. “ Tujuan lomba Nursing Care adalah terlaksananya perawatan dasar dan memotivasi teman sejawat perawat dan bidang ruang pelayanan keperawatan untuk menjaga kebersihan serta kerapian ruang perawat”, sambung I Gusti Ayu Dewi Ariani.

Lebih lanjut I Gusti Ayu Dewi Ariani menyebutkan bahwa kriteria penilaian lomba Nursing Care, yakni penataan kebersihan ruangan ( lantai, pintu, jendela, dan lawa-lawa) dan keindahan diruang perawat ( Nurse Station, mencakup struktur organisasi, visi-misi, motto, falsafah, tujuan, dan hak kewajiban keperawatan, serta pojok informasi. Ruang perawatan pasien pun tak luput dari penilaian, yakni mencakup kerapian tempat tidur, meja pasien, dan sebagainya. Kerapian dan kebersihan ruang jaga perawat juga menjadi komponen penilaian dalam lomba Nursing Care.

Periode penilaian dua lomba bergengsi di lingkungan SUD Buleleng ini dilakukan selama satu minggu, yakni sejak senin 924/11), s.d kamis (4/12). Menurut  I Gusti Ayu Dewi Ariani, penilaian pun dilakukan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada ruangan yang akan dinilai. Ruang yang mendapat juara I berhat atas piala bergilir.

Di akhir perbincangan, I Gusti Ayu Dewi Ariani mengatakan,” kami harapkan ini bisa memotivasi teman-teman untuk bisa melaksanakan dokumentasi keperawatan yang jelas, lengkap, dan benar setiap hari, tidak ketika lomba saja. Begitu pula untuk Nursing Care, supaya setiap hari dilaksanakan. Berawal dari kebersihan itu, kaitannya erat dengan pengendalian infeksi. Kalau setiap hari kita jaga, setiap hari kita terhindar dari infeksi.”

Setelah melewati serangkaian penilaian, pada lomba Nursing Care, ruang Flamboyan keluar sebagai juara I, sedangkan juara II diraih ruang melati dan juara III ruang cempaka. Sementara itu, pada lomba Administrasi ruangan, juara I diraih oleh ruang melati II, juara II oleh ruang Flamboyan, dan juara III oleh ruang Lely I.