(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Jika Orang Dekat Pecandu. Kita Harus Bagaimana?

Admin rsud | 28 Juni 2024 | 64 kali

Singaraja (28/6) Narkoba adalah musuh bagi semua. Pemakaian narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya secara  tanpa rekomendasi petugas kesehatan justru dapat merusak tubuh dan psikologis. Narkoba yang digunakan secara terus menerus atau melebihi takaran yang telah ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan atau kecanduan. Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal. 

  1. Gangguan fisik pada pecandu Narkoba dapat berupa gangguan pada system syaraf (neurologis) seperti: kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan syaraf tepi, gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) seperti infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah, pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian dapat beresiko tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV yang hingga saat ini belum ada obatnya dan masih banyak lagi kerugian yang dirasakan bagi pencandu narkoba. Sedangkan dampak psikis seperti lamban kerja, ceroboh kerja, sering tegang dan gelisah, hilang kepercayaan diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga, agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal, sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan, cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri. Berikutnya adalah dampak sosial seperti gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan oleh lingkungan, merepotkan dan menjadi beban keluarga

Lalu apa yang harus dilakukan jika kita memiliki teman sebagai pecandu narkoba?

Berikut tips yang mungkin dapat dilakukan bagi Anda yang memiliki teman pecandu narkoba:

1. Tetap berteman tetapi tidak ikut menggunakan narkoba

2. Tunjukkan rasa kepedulian

3. Gali keadaan emosi dan kondisi kehidupannya

4. Ajak keluar dari jerat narkoba

5. Jelaskan dampak buruk narkoba

6. Diskusikan cara untuk terjerumus kembali menggunakan narkoba

7. Hubungi tim ahli yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan teman dari kecanduan


Langkah wajib yang harus dilakukan apabila teman atau keluarga menjadi pecandu dan tidak mau untuk berhenti antara lain:

1. Konsultasikan keadaan teman kepada petugas BNN terdekat

2. Konsultasikan dengan tenaga kesehatan (dokter spesialis)

3. Dirujuk ke RS untuk mendapatkan perawatan pemulihan