(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Dukung Pelayanan, CSSD Tempati Gedung Baru

Admin rsud | 25 Januari 2024 | 786 kali


CSSD atau Central Sterile Supply Department merupakan unit Instalasi di rumah sakit yang bertanggung jawab terhadap  supply dan sterilisasi alat-alat medis di lingkungan rumah sakit. CSSD  menerima, mendesinfeksi, membersihkan, mengemas, mensterilkan, menyimpan dan mendistribusikan alat alat medis sesuai dengan standar prosedur. Keberadaan CSSD sangat penting bagi rumah sakit dalam upaya menunjang pelayanan sehingga kejadian-kejadian infeksi nosokomial dapat dihindari.

Dengan peran CSSD yang cukup strategis bagi pelayanan rumah sakit maka sudah sepatutnya setiap SDM yang bekerja pada unit ini dibekali dengan sumber daya yang cukup baik dari upaya peningkatan sklill/ kemampuan maupun penyediaan sarana, prasarana, termasuk salah satunya adalah ruang kerja yang refresentatif sesuai dengan standar.

Oleh karena itu, RSUD Kabupaten Buleleng melalui anggaran induk BLUD senilai 7,7 milyar lebih membangun gedung CSSD pada tahun 2023. Gedung berlantai 2 CSSD didesign sesuai dengan standar yang dibutuhkan dalam pelayanan sterilisasi alat-alat rumah sakit. Gedung CSSD diplaspas pada purnama sasih Kawulu, Kamis, 25 Januari 2024.