(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Ahli Gizi RSUD Buleleng Berikan Manfaat Buah Bagi Kesehatan Tubuh Melaui Dialog Interaktif

Admin rsud | 23 Juli 2021 | 232 kali

Setiap mahluk hidup membutuhkan makanan setiap hari agar bisa tumbuh dengan baik. Setiap makanan yang ada tentu memiliki banyak sekali manfaat yang berbeda-beda, terutama buah yang banyak sekali memiliki manfaat untuk tubuh.

Pada kesempatan ini, Ahli Gizi RSUD Kabupaten Buleleng, Ni Luh Budi Kerti, SST, Gz memberikan penjelasan melalui dialog interaktif di Singaraja FM dengan mengambil Tema "Manfaat Buah Bagi Kesehatan Tubuh", Jumat, (23/07/21).

Dalam dialog interaktif ini, Ni Luh Budi memberikan jelaskan manfaat dari buah yang dantaranya, buah memiliki kandungan serat yang tinggi dan berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Didalam buah terdapat kandungan Vitamin C yang mampu menjaga daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak rentan terserang penyakit berbahaya dan selalu membuat tubuh tetap bugar serta terdapat pro vitamin A untuk membantu proses penglihatan.

Dijelaskan pula bahwa manfaat buah juga untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga dapat mencegah penyakit degeneratif seperti jantung dan stroke dan lain-lain. Sealin itu disampaikan pula anjuran porsi makan buah-buahan menurut WHO, yang mana anjuran konsumsi buah secara umum adalah 150 gram buah.

Bagi orang Indonesia anjuran konsumsi buah dan sayur sebanyak 300 - 400 gram bagi balita dan anak usia sekolah sedangkan bagi remaja sebesar 400 - 600 gram. Dari anjuran tersebut 1/3 bagian adalah porsi buah. Jadi anjuran konsumsi buah dalam sehari adalah 2 - 3 porsi sehari untuk mendapatkan manfaat sehat dari buah-buahan.

Dalam hal ini juga dijelaskan buah-buahan yang tidak dianjurkan bagi orang yang mengalami sakit atau gangguan lambung, jantung dan penyakit lainnya, yang mana bagi yang memiliki sakit tersebut agar membatasi buah yang terlalu asam, buah yang mengandung gas seperti durian dan nangka.