(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Antisipasi DBD, RSUD Kabupaten Buleleng Lakukan Fogging di Area Rumah Sakit

Admin rsud | 13 Mei 2023 | 44 kali

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buleleng melalui Instalasi Kesehatan Lingkungan melakukan antisipasi penyebaran dan munculnya penyakit demam berdarah dengue (DBD). Antisipasi penyebaran DBD di RSUD Kabupaten Buleleng dilakukan dengan pengasapan atau fogging di seluruh area rumah sakit, Sabtu (13/05/23). 

Pengasapan dilakukan untuk mensterilkan RSUD Kabupaten Buleleng dan lingkungan sekitarnya dari ancaman bahaya DBD yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti. Selain itu untuk memberikan kenyamanan kepada petugas rumah sakit, pasien maupun keluarga pasien saat berada di RSUD Kabupaten Buleleng. 

Dalam hal ini Petugas Instalasi Kesehatan Lingkungan RSUD Kabupaten Buleleng menjelaskan kegiatan fogging adalah salah satu upaya mempercepat pemberantasan dan memutus siklus hidup nyamuk Aedes Agypti yang menjadi penyebab menularnya penyakit demam berdarah.

Ditambahkan pula, pengasapan perlu cepat dilakukan untuk mengurangi risiko warga yang berada di sekitar RSUD Kabupaten Buleleng tertular penyakit DBD yang dibawa nyamuk tersebut. 

Selain itu Petugas Instalasi Kesehatan Lingkungan juga rutin memberikan penyuluhan melalui Tim PKRS yakni dengan meberikan cara pencegahan DBD kepada para pasien dan penunggu pasien di RSUD Kabupaten Buleleng yang salah satunya dengan cara 3M yakni menguras tempat-tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air dan mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air guna mencegah bertelurnya nyamuk DBD.