(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Kolaborasikan Kearifan Lokal, RSUD Buleleng Kembangkan Layanan Kesehatan Tradisional Terintegrasi

Admin rsud | 31 Juli 2023 | 3664 kali

Kebutuhan akan pelayanan kesehatan yang komprehensif dewasa ini terus mengalami perkembangan yang signifikan. Pola piker masyarakat yang mengharapkan pelayanan yang lengkap dan dapat diakses secara cepat mengharuskan fasilitas kesehatan harus terus berupaya melakukan inovasi pengembangan pelayanan. Lebih jauh lagi meskipun dengan kemajuan teknologi yang telah menyentuh aspek pelayanan kesehatan, adanya masyarakat yang masih menginginkan pelayanan yang dikombinasikan antara metode pelayanan kesehatan modern dan pelayanan kesehatan tradisional berbasis warisan leluhur yang secara turun temurun terbukti memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat menjadi referensi bagi fasilitas pelayanan kesehatan.

Peluang ini ditangkap oleh RSUD Kabupaten Buleleng. Melalui pelayanan holistik yang memadukan teknik pengobatan warisan leluhur diintegrasikan dengan pelayanan kesehatan modern yang telah dimiliki membuka layanan Poliklinik Lotus. Poli Lotus merupakan suatu bentuk layanan kesehatan yang mengkombinasikan beberapa pelayanan kesehatan konvensional dengan pelayanan kesehatan tradisional komplementer, bersifat sebagai pelengkap maupun pengganti dalam keadaan tertentu. Direktur RSUD Kab. Buleleng dr. Putu Arya Nugraha, Sp.PD menjelaskan “Jadi Poli Lotus bukan poli balian atau dukun. Pelayanan poli lotus secara empiris dapat dipertanggungjawabkan karena dilakukan oleh tenaga kesehatan professional dan kompeten dibidangnya yang harus memiliki sertifikat ijin praktek (SIP). Alat, sarana dan prasarana pendukungnya pun telah memenuhi syarat mutu, keamanan dan telah dirasakan manfaatnya”.

“RSUD Kabupaten Buleleng telah membuka layanan kesehatan tradisional terintegrasi yang kami beri nama Poliklinik Lotus sejak bulan Nopember 2022. Acuannya adalah Peraturan Gubernur Bali Nomor 55 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Bali. Masyarakat silahkan memanfaatkan layanan Poli Lotus kami. Ada beberapa jenis layanan Poli Lotus yang dapat diakses oleh masyarakat seperti Akupresur, Pijat Refleksi, Baby SPA, Yoga, Konsultasi Herbal, Hypnoterapi dan Yoga” tambah Direktur yang telah menjabat sejak tahun 2019 ini.

Nyoman Susianadewi, salah satu pasien yang telah merasakan manfaat pelayanan Poli Lotus menururkan bahwa beliau mengalami keluhan kesehatan dan ingin mempercepat proses penyembuhan melalui layanan akupuntur. Manfaat yang dirasakan cukup baik setelah mencoba layanan Poli Lotus. Keluhan yang selama ini  dirasakan berangsur-angsur telah hilang. “Setelah 6 kali melakukan akupuntur pipi saya sudah lebih lemas, pipi sudah lebih simetris. Memang belum sempurna sekali sembuhnya karena mungkin masih proses pengobatan” kata Susianadewi. Ditambahkan bahwa pelayanan poli lotus sudah sesuai dengan harapannya dengan pelayanan yang ramah dan informasi yang didapatkan sangat detail.

Sebagai informasi, Poliklinik Lotus buka setiap hari Senin – Kamis pukul 08.00 s.d. 14.00 Wita, sedangkan hari Jumat buka pukul 08.00 s.d. 11.00 Wita. Untuk jadwal dan reservasi dapat menghubungi: WA. 081805674106 atau Telpon (0362)22046

Informasi lebih lanjut: Humas-RSUD Buleleng, IG: rsud.buleleng. Youtube: rsud Kab. Buleleng, Website: rsud.bulelengkab.go.id