(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

RSUD Kabupaten Buleleng Berikan Penyuluhan Kesehatan Tentang Stroke

Admin rsud | 04 Agustus 2023 | 32 kali

Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng melakukan penyuluhan kesehatan tentang Stroke dan Senam Otak Bagi Pasien Stroke yang diselenggarakan di ruang tunggu Poliklinik C RSUD Kabupaten Buleleng, Jumat (04/08/23). 

Dalam penyuluhan kesehatan yang merupakan kegiatan rutin Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) tersebut narasumber dari Instalasi PKRS menjelaskan, Stroke adalah kondisi ketika pasokan darah ke bagian otak terganggu atau berkurang. Hal itu membuat jaringan otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi. Jika tidak segera ditangani, dalam beberapa menit sel-sel di otak bisa mati. 

Penyakit stroke adalah keadaan darurat sehingga perawatan yang cepat adalah sesuatu yang penting. Tindakan penanganan yang cepat dan tepat dapat meminimalkan kerusakan otak dan mencegah kemungkinan munculnya komplikasi. 

Pada penyuluhan ini disampaikan bahwa banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko penyebab stroke. Faktor risiko yang berpotensi tinggi menyebabkan stroke diantaranya Usia (Risiko stroke meningkat dua kali lipat setiap pertambahan usia 10 tahun dari usia 55 tahun). Riwayat keluarga (anda bisa memiliki risiko stroke lebih besar jika memiliki orang tua, kakek-nenek atau saudara yang juga mengalami stroke). Tekanan Darah tinggi juga merupakan penyebab utama terjadinya stroke dan hal ini merupakan faktor yang paling penting untuk dikontrol. 

Selain itu, merokok merupakan faktor resiko yang sangat penting untuk diperhatikan, karena nikotin dan karbondioksida yang terkandung di dalam rokok dapat merusak sistem kardiovaskuler serta Diabetes mellitus merupakan faktor resiko independen untuk timbulnya stroke. 

Untuk itu pencegahan stroke dapat dilakukan dengan Cek Kesehatan secara rutin, eyahkan asap rokok, rajin aktifitas fisik dan olahraga, diet seimbang, istirahat cukup dan kelola stress. 

Selanjutnya Sosialisasi tentang senam otak diberikan langsung oleh Dokter Muda Universitas Udayana. Pada kesempatan ini Dokter muda menyampaikan apa itu Senam Otak kepada para pasien dan penunggu pasien di Poliklinik C RSUD Kabupaten Buleleng. 

Disampaikan bahwa Senam otak merupakan serangkaian gerakan sederhana yang dapat menyeimbangkan setiap bagian-bagian otak atau latihan berbasis gerakan tubuh sederhana yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Gerakan senam otak (brain gym) dibuat untuk merangsang otak kiri dan kanan, memperlancar aliran darah dan oksigen ke otak. 

Senam otak biasanya disesuaikan dengan usia atau kemampuan fisik da psikis dari individu yang melakukannya. Pada lansia, gerakan-gerakan yang diberikan dikurangi temponya, kecepatannya atau kerumitannya. 

Kegiatan Penyuluhan kesehatan ini akan rutin dilaksanakan, guna memberikan edukasi bagi pasien dan penunggu pasien di RSUD Kabupaten Buleleng.