(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Penyuluhan Kesehatan Dalam Rangka peringatan Hari TBC Sedunia

Admin rsud | 24 Maret 2023 | 29 kali

Instalasi PKRS melakukan Kegiatan Penyuluhan dalam rangka peringatan Hari TBC Sedunia yang diselenggarakan setiap tanggal 24 Maret setiap tahunnya. Kegiatan penyuluhan dalam rangka memperingati Hari TBC Sedunia mengambil tema tentang Penyakit Tuberkulosis Pada Anak yang dilaksanakan di Poliklinik C RSUD Kabupaten Buleleng, Jumat, (24/03/23). 

Kegiatan penyuluhan kesehatan kali ini menghadirkan narasumber Dokter Spesialis Anak RSUD Kabupaten Buleleng yakni dr. I Ketut Ngurah Alit W. Sp.A. Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan masyarakat terhadap Turbecolosis anak. 

Pada kesempatan ini narasumber menjelaskan bahwa kuman TBC yang masuk kedalam tubuh kita dapat dimusnahkan oleh sistem kekebalan tubuh kita. Jika sistem pertahanan tubuh kita tidak mampu melawan kuman TBC, oleh karena itu menimbulkan gejala TBC. 

Dijelaskan pula apabila Anak dengan sakit TBC ringan tidak menular, sedangkan kondisi yang bisa menularkan TBC adalah sakit TBC Paru berat dengan hasil pemeriksaan dahak positif dan gambaran pada hasil rongent dada ada kelainan yang luas. 

Diharapkan dengan penyuluhan dapat meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan pengunjung RSUD Kabupaten Buleleng khususnya dalam penanganan penyakit TBC pada anak dan kegiatan penyuluhan dari Tim PKRS RSUD Kabupaten Buleleng akan terus dilaksanakan guna memberikan penyuluhan kepada para pasien dan penunggu pasien yang ada di RSUD Kabupaten Buleleng.