(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Waspadai Zona Bakteri Ini

Admin rsud | 09 April 2019 | 465 kali

Sebagian dari kita berpikir bahwa tubuh  sudah terlindungi dari bakteri dan kuman saat kita selesai mandi dan bersiap untuk beraktivitas. Namun berawal dari aktivitas, secara tidak langsung kuman akan selalu ada tanpa kita sadari. 

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya penyakit dan berawal dari bakteri dan kuman. Para peneliti di University of Arizona menguji 800 permukaan sebuah benda di Amerika Serikat dan menemukan bahwa satu dari lima permukaan sudah terkontaminasi bakteri.

Tanpa disadari bakteri ini ada di mana-mana dan jari-jari kita terlibat dengan benda-benda yang merupakan tempat penyebaran kuman. Yuk, ketahui tempat yang menjadikan bakteri dan kuman dapat berkembang dalam kehidupan sehari-hari. 

Keyboard komputer
Setiap sisi dan sudut keyboard pada komputer atau laptop Anda merupakan tempat berkumpulnya bakteri dan kuman yang terus berkembang dan terus  melekat pada jari melalui keringat dan kotoran. Jangan lupa untuk membersihkan keyboard komputer Anda dan selalu cuci tangan untuk mengadang bakteri dan kuman.

Gagang pintu  
Kita tidak akan pernah mengetahui siapa orang terakhir yang membuka gagang pintu. Kita tidak akan pernah tahu pasti, seperti apa kondisi tangan terakhir yang memegang gagang pintu. 
Bisa saja mereka adalah orang yang baru saja menggunakan tangannya untuk menutup mulutnya setelah bersin atau baru saja memegang sampah makanan. Kita sering mengabaikannya, tanpa menyadari jumlah debu dan kotoran yang hinggap pada gagang pintu. Jangan lupa untuk selalu membersihkan jari dan tangan Anda sesaat setelah memegang gagang pintu. 

Spons pencuci piring
Pernahkah terpikir bahwa spons pencuci piring memiliki kumpulan bakteri yang bisa masuk ke dalam pori-pori kulit Anda? Spons yang digunakan setelah mencuci piring cenderung berada dalam kondisi basah dan merupakan tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Pastikan untuk selalu mengeringkan spons Anda sebelum menggunakannya lagi untuk membersihkan piring atau gelas.  Jika tidak, ada kemungkinan bakteri yang masih tersimpan akan masuk ke dalam pori-pori kulit Anda. 

Remote 
Permukaan remote televisi, air conditioner (AC) yang tidak rata merupakan zona nyaman bagi kuman atau bakteri untuk berkembang biak. Tumpahan makanan atau minuman dan seringnya remote dipegang secara bergantian dengan tangan yang berbeda akan membuat bakteri dan kuman akan terus bertambah setiap waktu.  Bersihkan remote dengan menggunakan alkohol secara teratur agar bakteri tidak mudah masuk ke dalam pori-pori kulit Anda. 

Telepon genggam
Apa pun jenis telepon genggam atau seberapa keren pelindung yang digunakan akan tetap membuat perangkat ini menjadi sarang bakteri atau kuman.  Menempatkan telepon genggam ke dalam kantong celana atau kemeja membantu kuman berkembang biak lebih mudah karena mereka berkembang di tempat-tempat yang lembap. 

Dompet
Dompet dengan uang, kartu nama, dan beragam kartu kredit, merupakan tempat bersarangnya bakteri yang dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Pastikan untuk selalu membersihkan tangan Anda setelah melakukan aktivitas dengan mengenggam atau mengambil sesuatu dari dompet

Bakteri dan kuman adalah sesuatu yang tidak bisa Anda lihat dan rasakan dengan jelas. Anda akan selalu menemukan mereka di tempat-tempat yang tidak terduga. Salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran bakteri adalah secara teratur mencuci tangan dengan sabun. Anda juga dapat menyimpan pembersih tangan di tas Anda atau di meja Anda di tempat kerja untuk mencegah bakteri dan kuman terus berkembang di dalam tubuh. 


Article By Mahmur Marganti