(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Waspadai 10 Gejala Demensia Ini

Admin rsud | 09 April 2019 | 406 kali

Demensia adalah gangguan pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat hingga kemampuan mental. Alzheimer's Disease international (ADI) mengungkapkan bahwa saat ini ada sekitar 50 juta orang yang hidup dengan demensia di seluruh dunia. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya. Maka diperlukan kesadaran masyarakat untuk mengenali gejalanya.

Ada 10 gejala demensia yang harus Anda waspadai, yaitu:

  1. Gangguan daya ingat.
  2. Sulit melakukan kegiatan yang bersifat familiar.
  3. Gangguan komunikasi.
  4. Disorientasi waktu dan tempat.
  5. Kesulitan dalam membuat keputusan.
  6. Sulit fokus.
  7. Menyimpan barang tidak pada tempatnya.
  8. Perubahan perilaku dan kepribadian.
  9. Kesulitan memahami hubungan antara visual dan spasial.
  10. Menarik diri dari pergaulan.

Dengan memahami 10 gejala tersebut di atas, maka demensia dapat segera didiagnosa dan mendapatkan penanganan yang tepat. Penelitian ADI mengungkapkan bahwa tanpa disadari setiap tiga detik ada satu orang yang mengalami alzheimer karena rendahnya pemahaman masyarakat tentang penyakit demensia.

Pemerintah Indonesia sendiri telah meluncurkan Rencana Aksi Nasional (RAN) pada tahun 2016 lalu. Program tersebut diuncurkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk mewaspadai demensia.

"Indonesia bahkan menjadi acuan untuk kampanye peningkatan kesadaran demensia di Asia Pasifik. Dalam kampanye ini, banyak pihak yang berkolaborasi, mulai dari pemerintah, perusahaan swasta, dan masyarakat, yang bersama-sama untuk tidak maklum dengan pikun," ucap Sakurayuki, Eksekutif Direktur Alzheimer's Indonesia.


Article By Bebby Sekarsari