(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Tingkatkan Kesadaran Kanker Payudara dengan Cara Sehat

Admin rsud | 09 April 2019 | 633 kali

Menurut survei yang dilakukan oleh LOVEPINK dengan mengambil 1000 responden di Jakarta, saat ini kanker payudara mengalami pergerakan ke arah pasien muda berusia 30-an. Sebelumnya kanker payudara menjadi penyebab kematian nomor satu pada perempuan berusia 40-55 tahun.

Tidak seperti kanker serviks, kanker payudara tidak bisa dicegah. Anda bisa melakukan deteksi dini dengan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) untuk mengetahui keberadaan kanker ini sejak dini. Semakin dini kanker diketahui, maka kemungkinan untuk sembuh pun akan semakin besar.

Dalam rangka mengampanyekan sadar kanker payudara, LOVEPINK kembali menggelar acara rutin, Indonesia Goes Pink (IGP) 2018 yang akan berlangsung di Mall @Alam Sutera, Tangerang pada tanggal 14 Oktober 2018. IGP merupakan kegiatan tahunan yang diusung oleh LOVEPINK setiap bulan Oktober, sebagai wadah untuk membangun kesadaran publik untuk melakukan deteksi dini.

Rangkaian aktivitas IGP 2018 terdiri dari Pink Run 10K, 5K dan aktivitas baru, yaitu Pink Run for Kids (berjarak sekitar 2K). Ada juga Pink Walk bagi para warrior, survivor, serta keluarga dan teman yang ingin mendukung perjuangan mereka untuk terbebas dari kanker payudara.

Madelina Mutia, salah satu pendiri LOVEPINK mengatakan dalam jumpa pers di Lovepink Center, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (25/4), bahwa demi menggencarkan deteksi dini , maka IGP tahun ini menargetkan partisipasi laki-laki untuk memberikan dukungan pada kaum perempuan untuk rutin SADARI dan SADANIS sejak dini.

"Dengan pergerakan pasien kanker payudara ke usia yang lebih muda, kami membutuhkan dukungan para pria dan anak muda untuk terus menyebarluaskan pesan SADARI dan SADANIS pada kaum perempuan," tutur Mutia.

Pendaftaran IGP 2018 sudah bisa dilakukan di www.indonesiagoespink.com yang telah dibuka sejak tanggal 28 April 2018 sampai 15 September 2018. Anda juga bisa mengunjungi situsnya untuk keterangan lebih lanjut mengenai Indonesia Goes Pink 2018.

Article By Bebby Sekarsari