(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Penyebab Migrain Saat Menstruasi

Admin rsud | 09 April 2019 | 715 kali

Menstruasi memang seringkali menimbulkan berbagai keluhan pada wanita. Sejak sebelum periode menstruasi hingga selesai masa menstruasi. Berbagai keluhan yang sering dialami adalah nyeri perut, kram, suasana hati yang tidak menentu, hingga migrain. Migrain yang dialami saat menstruasi dikenal dengan istilah menstrual migrain.

Biasanya menstrual migrain terjadi pada dua hari sebelum menstruasi, tiga hari pertama, dan dapat terjadi lebih lama daripada migrain biasa. Seluruh siklus menstruasi berkaitan dengan perubahan biologis dalam tubuh, baik secara fisik maupun psikologis. Hormon seksual, estrogen, dan progesteron, memiliki banyak efek pada tubuh Anda.

"Ada kaitan erat antara hormon seksual wanita dengan migrain, Bahkan beberapa wanita lebih sensitif terhadap fluktuasi hormon yang terjadi selama siklus menstruasi. Penelitian menunjukkan bahwa penurunan kadar estrogen dapat memicu terjadinya migrain," ucap Faustine Rahardja, Dokter Umum, Siloam Hospitals Lippo Village, Karawaci.

Itulah yang menyebabkan Anda mengalami migrain saat menstruasi. Untuk mengatasinya Anda dapat mengonsumsi obat anti nyeri selama migrain berlangsung. Selain itu, menjaga pola makan dan aktivitas fisik juga penting, untuk mengurangi keluhan yang terjadi saat menstruasi. Namun, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Migrain yang terus terjadi saat menstruasi dapat mengganggu aktivitas Anda dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Konsultasi: dr. Faustine Rahardja, Siloam Hospitals Lippo Village, Karawaci.


Article By Bebby Sekarsari