(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Pentingnya Menjaga Kesehatan Telinga

Admin rsud | 09 Januari 2018 | 1454 kali

Telinga merupakan salah satu indera terpenting bagi manusia. Kesehatannya pun harus dijaga selalu agar dapat berfungsi secara maksimal. Namun ternyata masih banyak orang yang menganggap remeh tentang hal tersebut. Yuk, kita simak tips mudah menjaga kesehatan telinga berikut ini!

1. Bersihkan telinga bagian luar secara berkala dengan menggunakan cotton bud untuk menghindari penumpukan kotoran yang dapat menyumbat lubang telinga. Jika kamu membersihkan kotoran hingga ke bagian dalamnya justru akan membuat kotoran telinga tersebut masuk kembali. Sebenarnya telinga memiliki kemampuan alami untuk mendorong kotorannya ke bagian luar telinga.

2. Hindari kebiasaan buruk yang dapat merusak fungsi pendengaran, seperti sering menggunakan headset ketika mendengar musik dengan volume suara yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan terhadap gendang telinga.

3. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung seng dan asam float. Nggak hanya bbagus untuk tubuh, kandungan tersebut juga berguna bagi kesehatan telingga. Selain itu, kurangi konsumsi gula, garam kafein dan pemanis buatan yang berlebihan.

4. Sebisa mungkin hindarilah lingkungan yang terlalu bising, seperti tampat karaoke, pabrik dan lainnya. Jangan terlalu lama berada di tempat-tempat tersebut karena kika terlalu sering mendengar suara yang memiliki volume sangat tinggi akan merusak gendang telinga, bahkan membuat tuli. Gunakanlah penyumbat telinga jika diperlukan.

5. Jika telingamu terasa sakit dan bergending, jangan mencoba untuk mengobati sendiri. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis THT yang akan memeriksa kesehatan telingamu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan check up rutin untuk selalu memastikan kesehatan telingamu tetap terjaga dengan baik.