(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Pelayanan ESWL Bagi Penderita Batu Ginjal

Admin rsud | 15 Oktober 2016 | 2097 kali

Perubahan gaya hidup dan pola makan diperkirakan menjadi pemicu utama meningkatnya kasus batu ginjal di Indonesia. Ada beberapa terapi untuk menghancurkan batu ginjal, satu di antaranya penggunaan gelombang kejut atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

Anda tidak perlu khawatir lagi harus dioperasi untuk bisa mengangkat batu pada ginjal. Hal ini dikarenakan telah ditemukan metode terbaru di bidang medis untuk menghancurkan batu ginjal dengan gelombang kejut (Extra Corpored Shock Wave Lithotripsi atau disingkat ESWL).

Dengan alat ini, sebagian besar pasien tidak perlu dibius, hanya diberi obat penangkal nyeri. Pasien akan berbaring di suatu alat dan akan dikenakan gelombang kejut untuk memecahkan batunya Bahkan pada ESWL generasi terakhir pasien bisa dioperasi dari ruangan terpisah. Jadi, begitu lokasi ginjal sudah ditemukan, dokter hanya menekan tombol dan ESWL di ruang operasi akan bergerak. Posisi pasien sendiri bisa telentang atau telungkup sesuai posisi batu ginjal. Batu ginjal yang sudah pecah akan keluar bersama air seni. Biasanya pasien tidak perlu dirawat dan dapat langsung pulang.

Di RSUD Kabupaten Buleleng, pelayanan ESWL yang sudah beroperasi sejak tahun 2014 dan di dukung oleh tenaga medis dan paramedis yang memiliki kompetensi di bidangnya. dengan biaya sekitar 2.968.000 sampai 15 jt lebih berdasarkan ukuran batu ginjalnya

Download disini