(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Paparan Pestisida Tingkatkan Risiko Kanker Hati

Admin rsud | 09 April 2019 | 592 kali

Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam Asosiasi Riset Kanker Amerika di Washington DC pada bulan April ini, paparan pestisida bisa meningkatkan risiko kaker hati hingga 71 persen. Kanker hati merupakan kanker keenam yang paling umum di dunia dan menjadi penyebab kematian nomor dua, menurut peneliti dari Nasional Cancer Institute.

Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan, menunjukkan bahwa paparan pestisida bisa menyebabkan kanker hati dengan merusak DNA. Terdapat penelitian lain yang juga menginformasikan tentang tingkat paparan pestisida terhadap manusia. Pestisida yang dimaksud di sini pun sangat luas, termasuk insektisida dan herbisida.

Meskipun demikian, temuan bahwa paparan pestisida bisa meningkatkan risiko kanker hati hingga 71 persen bukanlah nilai yang ekstrim. Menurut peneliti, mereka memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui jenis pestisida yang lebih spesifik dan pengaruhnya terhadap kanker hati.

Sampai saat ini, peneliti masih kesulitan untuk mengetahui apa yang benar-benar terjadi pada tubuh saat pestisida meningkatkan risiko kanker hati. Untuk mengurangi paparan pestisida, disarankan untuk menanam sayur atau buah-buahan dengan metode yang lebih alami dan mencuci hingga bersih sebelum mengonsumsinya.

Article By Bebby Sekarsari