(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Netralisasi dengan Buah dan Sayur serta Air Putih

Admin rsud | 30 Januari 2020 | 1386 kali

Hidup Sehat menjadi tujuan semua orang. Untuk dapat hidup sehat setiap orang harus menerapkan pola makan sehat. Walaopun tidak ada jaminan terbebas dari penyakit, namun setidaknya dengan penerapan pola hidup yang sehat kita akan dapat memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehingga mampu meminimalisir resiko kemungkinan terkena penyakit.

Hidup sehat hanya sekedar wacana jika dalam kehidupan sehari hari kita masih sering mengkonsumsi makanan yang kurang bergizi, salah satunya makanan siap saji, biasanya dikonsumsi oleh mereka yang tidak memiliki cukup waktu sehingga memilih menu makanan siap saji sebagai menu andalannya.

Dibalik makanan siap saji yang kelihatan praktis , juga dapat memeberi dampak yang buruk terhadap kesehatan seperti kekurangan gizi, juga dapat memicu penyakit metabolik seperti Diabetes, kerusakan Hati maupun obesitas. Makanan siap saji sangat perlu untuk dihindari terutama bagi anak anak dan ibu hamil dimana dapat memberikan dampak yang mempengaruhi tumbuh kembang fisik dan mentalnya.

Setiap orang pasti pernah mengkonsumsi makanan siap saji yang membedakan adalah intensitas dalam mengkonsumsi makanan tsb, untuk menetralisir hal tersebut konsumsi Buah dan Sayur dapat digunakan sebagai makanan tambahan atau alternatif, dalam arti dalam satu hari boleh dikatakan kita harus dapat mengkonsumsi yang namanya Buah dan Sayur sebagai penyuplai kandungan vitamin dan mineral bagi tubuh kita, serta jangan lupakan yang namanya Minum Air Putih.

Kurang dalam mengkonsumsi Air Putih bisa memberi efek sembelit, kulit kering, jarang buang air kecil serta dehidrasi. Dua liter air putih dalam sehari bisa mencukupi kebutuhan tubuh kita terhadap kebutuhan air.

Bijaklah dalam mengatur pola makan kita, karena bagaimanapun pola makan kita yang sekarang akan memberi efek dalam 5 sampai 10 tahun ke depan. Dimana efek dari pola makan yang kita lakukan sekarang akan kelihatan hasilnya bagi tubuh kita dalam jangka yang lebih lama bila dibandingkan dengan efek obat yang hanya butuh waktu kurang lebih 2 jam an untuk kelihatan reaksi nya bagi tubuh kita.

 

SALAM SEHAT / AHLI GIZI