(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Menikmati Kesehatan dengan Cara Hidup Sehat

Admin rsud | 18 Desember 2017 | 1518 kali

Dalam kehidupan kita sehari0hari tentunya kita sebagai hambaNYA senantiasa berkeinginan diberikan kehidupan yang sehat. Tapi apakah anda tahu bahwa kesehatan tersebut merupakan anugerah Allah SWT yang tidak ternilai harganya.

Akan tetapi terkadang kita lupa untuk menjaga dan mensyukurinya. Padahal cara untuk mensyukuri nikmat Allah SWT yang satu ini sangatlah mudah. Dengan cara menjalani pola hidup sehat yang sebenarnya tidak susah, sederhana dan mudah saja untuk dilakukan.

Tetapi kenyataannya, beberapa orang rela membayar lebih mahal untuk menjaga penampilan serta kesehatan tubuhnya. Untuk anda yang tidak mau mengeluarkan banyak uang, lakukan pola hidup sehat dari mulai yang paling sederhana sampai yang paling utama, mulailah dari sekarang.

Berikut pola hidup sehat:
1. Memahami kondisi kesehatan Anda sekarang

Anda bisa melakukan perbaikan pola hidup dengan mengetahui apakah Anda mengalami masalah kesehatan atau kemungkinan terkena penyakit tertentu. Oleh sebab itu, periksakan diri Anda ke dokter umum dan dokter gigi secara teratur dan berkala.

2.Evaluasi aktivitas fisik Anda

Apakah kita termasuk orang yang rajin dan gemar berolahraga? Atau apakah aktivitas Anda sehari-hari didominasi dengan duduk di depan computer sepanjang hari serta kurang aktif menggerakkan tubuh?

Beberapa pakar menyarankan untuk rajin olahraga dengan durasi sedikitnya 75 menit dalam setiap minggu serta bergerak aktif untuk mengencangkan otot minimum dua hari dalam sepekan. Anda bisa memilih kegiatan yang mengasyikkan sebagai aktivitas fisik yang menyehatkan untuk Anda.

3. Catat makanan yang Anda konsumsi

Bila anda memiliki masalah berat tubuh yang berlebihan atau kebiasaan pola makan tidak sehat, Anda mesti mulai mencatat seluruh makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Catatan ini bermanfaat untuk menyadarkan serta jadi alat pengingat untuk mengurangi konsumsi makanan anda, hal semacam ini juga membantu menjaga tubuh jadi lebih sehat.

4. Hirup Udara Bersih

Udara pagi adalah udara yang sangat baik untuk tubuh anda, sebab udara pagi umumnya belum tercemar dari beragam jenis polusi yang umum terjadi di siang hari.

5. Sarapan Yang Sehat

Sarapan pada pagi hari adalah kegiatan yang baik anda lakukan saat sebelum melakukan aktivitas di luar rumah, lantaran anda memerlukan supply energi pada saat tubuh melakukan aktivitas. Tidak hanya itu anda bisa mengonsumsi beragam makanan yang mempunyai kandungan gizi yang baik, serta nutrisi dan serat yang diperlukan oleh tubuh.

6. Buang Jauh Kebiasaan Buruk

Sebaiknya membuang kebiasaan jelek merokok, minum alkohol, begadang tiap malam hingga mengkonsumsi makanan cepat saji.

7. Konsumsi makanan sehat

Membuat makanan sendiri yaitu satu diantara cara menjaga kesehatan serta kebersihan makanan.

8. Minum Lebih Banyak Air

Dengan mengonsumsi minimum 8 gelas air putih dalam satu hari adalah cara hidup sehat yang murah, mudah serta ampuh untuk melindungi kesehatan tubuh.

9. Istrihat cukup

Istirahat cukup adalah kunci mendapatkan pikiran serta tubuh yang sehat. Tidak cuma bertujuan mengistirahatkan tubuh dan mengelola stres, manfaat tidur untuk kecantikan juga begitu nyata.

10. Berfikir positif

Pikiran positif akan menghindari anda dari stres, tingkatkan rasa percaya diri serta menjaga kinerja organ tubuh yang lain selalu maksimal.