(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Menangani luka pasien diabetes | Langkah yang bisa di ambil

Admin rsud | 07 Januari 2019 | 581 kali

Menangani luka pasien diabetes, pada dasarnya diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang melibatkan masalah dengan hormon insulin atau sering juga digambarkan saat kondisi saat kadar gula (glukosa) darah tinggi ataupun di atas nilai normal, Sampai sekarang Penderita diabetes perlu mengelola penyakitnya agar tetap sehat.

Diabetes tidak terjadi dalam semalam dan ada banyak faktor resiko untuk mengembangkan diabetes mulai dari keturunan, genetik, lingkungan, gaya hidup sampai faktor usia dapat menyebabkan diabetes, dan bagi penderita diabetes jika terjadi luka, masa penyembuhannya akan lebih lama di banding orang sehat bahkan jika tidak di tangani dengan tepat luka pada pasien diabetes dapat terus menyebar hingga menyebakan infeksi bahkan amputasi.

Karena hal tersebut ada beberapa langkah untuk menangani luka pasien diabetes :

  • Bersihkan dan obati luka

Membersihkan luka dengan air yang mengalir untuk selanjutnya bersihkan daerah sekitar luka dengan sabun antiseptic dan basuh dengan air, setelah dibersihkan keringkan dan oleskan dengan salep antibiotik agar luka terbebas dari kuman.

  • Kurangi tekanan pada luka

Sebisa mungkin menghindari tekanan pada daerah luka untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi kemungkinan luka untuk bertambah parah.

Tidak termonitornya kadar gula darah akan menyulitkan penyembuhan luka karena itu pentingnya +hubsehat aplikasi kesehatan yang bisa selalu memonitor kadar gula kapan dan di mana saja, gaya hidup sehat, obat anti diabetes dan olah raga teratur juga bisa membantu untuk mengkontrol kadar gula dalam darah.

  • Perhatikan Tanda Infeksi

Gejala Infeksi pada pasien diabetes bisa timbul berupa kemerahan, demam, rasa sakit dan pembengkakan di sekitar luka.

  • Hubungi dokter

Jika Tidak adanya perubahan pada luka dan membaik dalam waktu 48 jam baiknya untuk segera menghubungi dokter untuk mencegah luka lebih parah sehingga sulit untuk di tangani.

Menangani luka pasien diabetes dengan cara memonitor kadar gula darah merupakan bagian penting dari manajemen diabetes. Makin seringnya memonitor gula darah adalah hal terbaik dalam mengendalikan gula darah, baik tes itu di rumah, di lab ataupun dengan dokter/klinik pribadi anda.

Mengkontrol diabetes anda dengan aplikasi kesehatan +hubsehat efektif dan bisa di akses kapan dan dimana saja. Yang mana +hubsehat menjadi terobosan baru dalam teknologi kesehatan dalam memantau riwayat kesehatan diabetes anda dan keluarga.

 

 

by Chronic Illness, Healthy Lifestyle