(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Memasuki Musim Hujan Berikut Ini Hal-Hal Yang Perlu Kamu Persiapkan

Admin rsud | 31 Januari 2019 | 588 kali

Sekedar informasi saat ini kita sudah memasuki musim penghujan, ada baiknya mulai bersiap-siap untuk kondisi musim hujan yang rentan dengan berbagai hal, mulai dari kesehatan sampai bencana yang bisa datang kapanpun. Berikut ini beberapa hal yang perlu Kamu persiapkan memasuki musim hujan.

Kondisi Fisik

Pertama, persiapkanlah kondisi fisik menghadapi musim hujan. Cuaca di musim hujan terkadang sangat tidak menentu, bisa saja sangat cerah dan panas di pagi hari, namun siang dan sore hari hujan turun dengan deras. Perubahan cuaca seperti itu membuat kondisi tubuh kita rentan. Jangan lupa untuk selalu mencukupi nutrisi dan tambahan vitamin agar tubuh tetap fit. Selain itu menjaga rutinitas olah raga juga akan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kondisi Tempat Tinggal

Kedua setelah persiapan kondisi fisik, kamu perlu cek kondisi tempat tinggal. Kamu perlu melihat kondisi atap rumah apakah ada kebocoran atau tidak. Kemudian kondisi dinding apakah misalnya ada rembesan air, karena di musim hujan intensitas hujan jauh lebih tinggi dari biasanya. Selain itu kamu juga perlu cek berbagai saluran air yang ada di rumah, jika tersumbat itu akan menjadi masalah tersendiri nantinya.

Kondisi Lingkungan Sekitar

Ketiga, bersama warga lainnya, Kamu juga perlu melihat kondisi di sana, terutama saluran air. Karena banyak contoh banjir di beberapa lingkungan perumahan di Kota Padang, banjir terjadinya karena buruknya kondisi saluran air. Tak ada salahnya melakukan bersih-bersih lingkungan bersama warga lainnya agar kondisi tempat tinggal kita aman dari banjir.

Selain saluran air juga perlu diperhatikan pohon-pohon, terutama yang sudah berumur tua. Kerap kali di musim hujan tak hanya hujan yang terjadi tapi juga badai. Pohon-pohon yang sudah berumur tua dan kondisinya bisa membahayakan ketika terjadi badai sebaiknya di potong. Cabang-cabang pohon yang membahayakan aliran listrik dan telepon juga sebaiknya di potong agar lebih aman.

Update Informasi Cuaca

Jangan lupa untuk selalu update mengenai informasi cuaca. Kamu bisa melihat update informasi cuaca harian melalui situs resmi BMKG. Bagi yang pakai Android juga bisa menfaatkan fitur yang disediakan google kayak video di bawah ini.

Keperluan Darurat

Terakhir yang penting kamu siapkan adalah keperluan darurat seperti lampu emergency, kotak obat-obatan. Jangan lupa juga untuk selalu mengisi power bank, karena ketika kondisi darurat seperti mati lampu sangat diperlukan. Nomor-nomor penting seperti SAR, PMI, BPBD juga tidak ada salahnya disimpan.