(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Manfaat Yogurt untuk Kesehatan

Admin rsud | 01 Oktober 2019 | 974 kali

Yogurt merupakan susu yang sengaja dibuat proses fermentasi bakteri. Yogurt bisa dibuat dari susu hewani atau nabati, termasuk di dalamnya susu kedelai. Yogurt mempunyai nilai gizi yang tinggi. Dalam yogurt terkandung kalori, protein, karbohidrat, calsium dan potasium lebih tinggi dibandingkan susu segar, tetapi kandungan lemaknya lebih rendah.

Berikut adalah manfaat dari mengkonsumsi yogurt: 

  • Menyehatkan Pencernaan

Probiotik (bakteri baik) di dalam yogurt telah terbukti akan menyehatkan mikroflora di dalam usus. Untuk mendapatkan manfaat segat probiotik, pastikan produk yogurt favorit anda mengandung sedikitnya satu juta koloni forming units (CFUs) bakteri hidup. 

  • Mencegah Hipertensi

Alasan sehat lainnya untuk rutin mengkonsumsi yogurt adalah mencegah penyakit jantung. Protein spesial di dalam yogurt serta kandungan kalsium, magnesium, dan potasiumnya bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi. 

  • Menurunkan berat badan 

Agar tidak sia-sia usaha anda dalam menurunkan berat badan, tambahkan yogurt dalam menu harian. Bukan hanya bagus untuk pencernaan tapi minuman ini juga memiliki efek samping melangsingkan. Yogurt mesti tidak mengandung serat, namun memiliki efek penurunan berat badan dibandingkan dengan produk susu lainnya. Para ahli mengatakan keistimewaan yogurt disebabkan karena kandungan bakteri baiknya sehingga menjaga kesehatan tubuh. 

Meminum Yogurt juga bisa ditambahkan dengan buah buahan kesukaan anda, sehingga membuat bertambah manfaatnya.