(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Langkah Sederhana Ini Bantu Cegah Hipertensi

Admin rsud | 09 April 2019 | 357 kali

Hipertensi adalah penyakit yang dapat dicegah, untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui semua hal tentang penyakit ini. Salah satu cara ampuh untuk mencegah dan mengelola tekanan darah adalah dengan menjalankan pola hidup sehat. Berikut beberapa pola hidup sehat yang sebaiknya Anda jalankan mulai sekarang.

Olahraga
Olahraga secara teratur adalah salah satu cara menurunkan darah tinggi. Jika Anda mengalami masalah darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai atau berenang. Lakukan selama 30-45 menit sehari sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Kurangi garam atau sodium
Pengurangan kecil pada sodium dalam diet juga ampuh menurunkan tekanan darah hingga 2-8 mmHg. Anda tidak perlu mengurangi kadar garam dalam diet Anda secara drastis. Cobalah lakukan pengurangan ini secara bertahap, sehingga tubuh Anda dapat menyesuaikannya dengan baik.

Stop merokok!
Merokok dapat melukai dinding pembuluh darah dan mempercepat proses pengerasan pembuluh darah. Dengan berhenti merokok, maka Anda telah berupaya untuk mencegah risiko hipertensi terjadi pada Anda.

Mengontrol berat badan
Memiliki berat badan berlebih, semakin memperbesar kemungkinan Anda untuk memiliki kolestrol dan juga gula darah berlebih dalam tubuh. Untuk mencegah terjadinya hipertensi, Anda harus mulai mengendalikan kadar kolestrol dan diabetes dalam tubuh. Hibdari juga obat yang dapat meningkatkan tekanan darah.


Article By Bebby Sekarsari