(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Kenali Tanda-tanda Tekanan Darah Rendah pada Diri Anda

Admin rsud | 09 April 2019 | 1424 kali

Tanda-tanda tekanan darah rendah bisa berbeda-beda. Seseorang yang mengalami tekanna darah rendah juga bisa merasa lemah, baik secara fisik maupun mental. Jika seseorang mengalami masalah tekanan darah rendah yang berkepanjangan, maka kondisi ini harus segera diatasi.

Penyebab tekanan darah rendah bisa beragam, mulai dari stres, diet yang salah, malnutrisi, kehilangan darah akibat menstruasi yang berat, dan lain-lain. Ketika tekanan darah Anda turun, ada beberapa tanda atau efek yang dapat terlihat.

Berikut beberapa tanda tekanan darah rendah yang harus diwaspadai:

Pusing

Salah satu tanda tekanan darah rendah ialah ketika seseorang yang mengalaminya mulai merasa pusing. Ia akan melihat hal-hal di sekitarnya seolah berputar secara tak terkendali.

Tubuh tidak stabil

Anggota tubuh Anda mulai mati rasa dan suhu dingin akan terasa di seluruh tubuh Anda. Jika terjadi kondisi ini, maka meminum obat untuk tekanan darah rendah merupakan sesuatu yang dapat membantu menciptakan panas di dalam tubuh.

Pengelihatan kabur

Pandangan yang kabur bahkan gelap secara tiba-tiba bisa menjadi ancaman yang nyata. Dalam kasus ini, satu-satunya yang harus dilakukan ialah duduk atau beristirahat, hingga pandangan Anda kembali jelas dan stabil.

Tubuh melemah

Tanda lain dari tekanan darah rendah pada seseorang ialah energi yang mulai melemah. Pasien yang menderita kondisi ini bahkan mungkin mengalami tubuh yang sering gemetar.

Kelelahan

Lelah hingga kesulitan untuk bergerak merupakan salah satu pertanda dari tekanan darah rendah. Jika mengalami hal ini, segeralah mengonsumsi buah-buahan jeruk untuk membantu menstabilkan tubuh Anda.

Mual

Perasaan mual bahkan ingin muntah juga menjadi pertanda lain dari tekanan darah rendah. Anda bisa meminum jus jeruk atau jus lemon untuk menekan rasa mual yang mengganggu.


Article By Claudia Ramadhani