(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Kebiasaan buruk perusak kesehatan ginjal

Admin rsud | 24 Januari 2018 | 1373 kali

Seperti yang telah kita ketahui, bahwasannya ginjal merupakan organ dalam tubuh manusia yang mempunyai fungsi serta peranan penting sebagai penyaring berbagai macam zat atau racun berbahaya yang ada dalam tubuh itu sendiri, penyerapan tersebut tentunya di bantu dengan beberapa jenis mineral penting. Nah, sehingga perlu sekali menjaga kesehatan ginjal, agar kesehatan tubuh yang lainnya tidak terganggu. Lalu apasajakah yang dapat mengganggu kesehatan ginjal, mari kita simak berikut dibawah ini :

Asupan garam berlebih : Garam menjadi bumbu dapur yang harus ada di setiap kita akan memasak, yap benar sekali karena garam dapat memberikan rasa pada berbagai makanan, namun jika kita masukan garam tersebut terlalu banyak tentu akan membuat masakan kita menjadi asin bukan ? Nah, jika anda terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak garam, baik itu pada makanan kemasan, olahan atau yang lainnya. Segera hentikanlah kebiasaan tersebut, karena jumlah natrium yang terlalu tinggi dapat mengganggu serta merusak kesehatan organ ginjal anda.

Mengkonsumsi soda : Meski soda termasuk jenis minuman yang enak, akan tetapi efek yang akan di timbulkan tidaklah se enak rasa nya, karena pada faktanya soda merupakan minuman yang dapat memberikan efek buruk pada gangguan kesehatan, salah satunya adalah merusak ginjal melalui urin yang terganggu. Dibandingkan dengan harus minum soda, lebih baik memperbanyak mengkonsumsi air putih yang ternyata dapat membantu membersihkan racun dalam ginjal secara alami.

Mengkonsumsi alkohol : Selain soda, alkohol pun berperan penting dalam merusak organ ginjal seseorang, sehingga jika anda ingin terhindar dari penyakit ginjal serta ingin mendapatkan ginjal yang sehat, mulailah dari sekarang menghentikan kebiasaan tersebut, karena efek alkohol membuat ginjal harus bekerja keras menyaring racun yang terdapat pada alkohol, sehingga jika hal tersebut terjadi secara terus-menerus, organ ginjal tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Kebiasaan merokok : Rokok menjadi pengundang berbagai macam penyakit, karena rokok merupakan barang yang mengandung ribuan zat kimia berbahaya perusak berbagai organ dalam tubuh manusia seperti jantung, paru-paru hingga bahkan ginjal.

Kurang olahraga : Jika tubuh ingin sehat, maka rajinlah berolahraga secara rutin dan teratur, maka tubuh yang sehat serta bugar pun akan dengan mudah anda dapatkan. Selain itu, jika anda kurang berolahraga dapat mengganggu regenerasi tubuh perusak organ ginjal.