(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Jenis Penyakit Jantung pada Anak

Admin rsud | 09 April 2019 | 727 kali

Penyakit jantung tak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak-anak pun sangat mungkin menderita penyakit yang mematikan ini. Bedanya, penyakit jantung pada anak biasanya disebabkan oleh bawaan sejak lahir. Sementara, penyakit jantung pada orang dewasa umumnya disebabkan oleh gaya hidup. Terdapat tiga jenis penyakit jantung pada anak, yaitu:

Cacat jantung bawaan

Kondisi ini memengaruhi delapan dari 1000 anak yang lahir dan menyebabkan masalah jantung karena kelainan bentuk jantung. Masalah ini terjadi karena jantung anak tidak berkembang secara normal sejak di dalam kandungan. Bisa dalam bentuk lubang di bilik jantung, atau cacat yang cukup parah seperti tidak adanya bilik jantung atau katup jantung. Sekitar 25 persen anak dengan cacat jantung bawaan harus menjalani pembedahan. Penyebab dari cacat jantung bawaan belum diketahui secara pasti, namun diduga keturunan adalah salah satu pemicunya.

Aritmia (detak jantung tidak normal)

Ada beberapa anak yang lahir dengan sistem konduksi jantung (penyebab jantung berdetak) yang cacat, sehingga jantung tidak berdetak dengan baik. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi, terpapar zat kimia berbahaya, atau tingkat kimia dalam darah yang tidak normal. Aritmia dapat terjadi dalam bentuk detak jantung yang cepat, detak jantung yang lamban atau kecepatan jantung yang tak wajar.

Penyakit jantung akibat infeksi

Berbeda dengan orang dewasa yang menderita penyakit jantung karena gaya hidup, anak bisa menderita penyakit jantung akibat infeksi yang merusak katup jantung, otot jantung, atau pembuluh darah koroner.


Article By Bebby Sekarsari