(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Jenis Buah Kaya Manfaat Bagi Janin dan Ibu Hamil

Admin rsud | 20 Februari 2018 | 2415 kali

Beragam jenis buah-buahan yang kaya manfaat bagi janin dan ibu hamil. Memaksimalkan asupan nutrisi ketika masa kehamilan merupakan hal terpenting yang harus dilakukan bagi setiap ibu yang sedang menjalani kehamilan. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dengan mudah dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan. Untuk itu, perlu pemahaman yang memadai buah yang bermanfaat untuk janin dan mana buah yang berbahaya bagi ibu hamil.

Pada artikel ini kami akan membahas tentang jenis buah-buahan yang kaya akan manfaat untuk janin dan ibu hamil. Buah-buahan tersebut antara lain adalah: tomat, alpukat, pisang, dan jeruk. Meskipun masih terdapat buah yang bermanfaat untuk ibu hamil lainnya, namun buah yang kami sebutkan diatas merupakan buah yang mudah diperoleh sehingga dapat mewakili asupan nutrisi ibu hamil yang berasal dari buah-buahan.

Tomat

tomat adalah tanaman yang berasal dari benua Amerika. Namun seiring dengan perkembangan jaman, tanaman ini sudah menjadi satu dari sekian banyak buah yang dibudidayakan di indonesia. Sehingga untuk memperolehnya sangatlah mudah. Olahan tomat dapat dilakukan dengan mudah dengan cara membuat dalam bentuk jus.

Tomat mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi dan penting untuk ibu hamil. Didalam tomat terkandung kalsium yang berperan untuk mencegah masalah saat masa kehamilan dan juga janin. Ibu hamil yang mengalami kekurangan kalsium akan berpotensi mengalami pengeroposan tulang, dan kram. Dampak pada janin dapat berupa pertumbuhan tulangnya menjadi tidak sempurna dan tumbuh kembang menjadi terhambat. Dengan adanya asupan kalsium yang diperoleh dari tomat maka permasalahan tersebut dapat dengan mudah teratasi.

Protein juga dapat dengan mudah ditemukan pada tomat. Ibu hamil yang mengalami kekurangan protein akan menjadikannya kekurangan gizi sehingga dapat berdampak pada bayi. Seorang ibu hamil membutuhkan asupan protein sekitar 60 gram setiap hari. Untuk memenuhinya, mengkonsumsi tomat dapat menjadi pilihan tepat. Protein dapat berperan dalampembentukan darah, pembentukan sel janin dan cairan ketuban, pertumbuhan jaringan otak janin, dan juga sebagai antibodi bagi janin dan ibu hamil.

Alpukat

Semua sudah pasti mengenal buah alpukad bukan? Buah ini banyak digemari semua usia. Rasa dan karakter daging buah yang memang enak untuk dimakan menjadi alasan buah ini dipavoritkan. Namun, perlu moms ketahui bahwa alpukat sangat bermanfaat untuk janin dan ibu hamil. Didalam buah ini terkandung asam folat, vitamin B kompleks dan kalium. Nutrisi tersebut berperan dalam perkembangan otak janin serta tulangnya. Selain itu juga mengandung vitamin C, E, dan K yang tentunya berperan sebagai antioksidan, penguatan tulang, dan mampu mengontrol emosi moms melalui hormon prolaktin.

Jeruk

Sudah pasti moms mengenal buah ini. Kandungan utamanya adalah vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dan peningkat kekebalan tubuh. Kandungan lainnya adalah asam folat, magnesium, zat besi, vitamin B1,B2,B6, dan juga fosfor. Peran asam folat dalam penyempurnaan sistem saraf janin yang mampu mencegah terjadinya resiko cacat lahir dan tabung saraf. Seorang ibu yang mengonsumsi 1 buah jeruk mampu membantu dalam mengontrol tekanan darah selama hamil.

Pisang

Pisang dikenal dengan kandungan kaliumnya yang tinggi sehingga mampu mengurangi pembengkakan pada kaki, khususnya ketika sudah hamil tua. Sehingga tidak salah jika moms akan disarankan untuk konsumsi setidaknya 2 buah pisang setiap hari. Asam folat juga dapat ditemukan dalam buah ini. Dengan adanya kandungan tersebut, resiko cacat lahir dapat dicegah. Seorang ibu hamil sangatlah mudah terkena anemia. Sehingga dengan buah pisang, permasalahan tersebut dapat teratasi.

Sebenarnya masih banyak buah-buahan yang bermanfaat untuk ibu hamil selain buah diatas. Jagalah asupan nutrisi moms selama masa emas ini agar semua yang diharapkan dapat terpenuhi.