(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Jangan Remehkan Cacar Air Bisa Menghambat Aktivitas Usaha

Admin rsud | 29 April 2019 | 1165 kali

Varicella atau yang lebih dikenal sebagai cacar air, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Virus ini mudah berkembang saat pergantian musim. Anda perlu waspada karena seringkali menganggap remeh penyakit yang tergolong ringan ini. Cacar air bisa berubah serius dan mematikan jika dialami oleh remaja, orang dewasa, ibu hamil, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Saat mengalami cacar air tentu saja akan menghambat aktivitas usaha dan kegiatan Anda. Bagaimana tidak, saat Anda sudah berjanji untuk meeting dengan klien, mau tidak mau harus membatalkannya dan juga tidak bisa memantau aktivitas usaha karena tidak bisa berinteraksi dengan orang-orang.

Kenali tanda-tanda cacar air sebelum terlambat
Gejala cacar air pada orang dewasa lebih serius dibandingkan anak-anak, diantaranya menimbulkan ruam gatal yang biasanya berlangsung hingga satu minggu, disertai demam, hidung beringus, mudah lelah, hilang nafsu makan, dan sakit kepala. Ruam tersebut biasanya mulai terlihat seperti bengkak kecil yang menjadi lepuh dan kemudian keropeng (kerak/ kotoran yang mengering pada luka).

Menurut National Foundation for Infection Diseases, saat ini, kurang dari 5% orang dewasa rentan terhadap infeksi virus cacar air. Walaupun hanya sebagian kecil, jika dialami saat dewasa akan menimbulkan komplikasi serius seperti:
• infeksi kulit,
• infeksi paru (pneumonia),
• peradangan pembuluh darah,
• pembengkakakn selaput otak (meningitis),
• infeksi aliran darah, tulang atau persendian.
Sebagian orang bahkan mengalami sakit berat sehingga perlu rawat inap. Jarangnya, infeksi ini membawa maut.

Bagaimana penyakit ini ditularkan?
Pada tahap awal virus ini ditularkan melalui batuk, selanjutnya melalui kontak langsung dengan cairan dalam lepuh. Hal inilah yang menyababkan penyakit ini sangat mudah menular, terutama ke orang yang belum terkena cacar atau belum mendapatkan vaksin cacar air.

Orang yang terinfeksi cacar harus menjauhkan diri dari orang lain, alias Anda harus izin tidak masuk kerja sampai sekurang-kurangnya lima hari setelah ruam timbul dan semua lepuh telah kering. Mereka juga harus menutup hidung dan mulutnya sewaktu batuk atau bersin, mencuci tangan dengan baik dan tidak bersama sama menggunakan alat makan.

Oleh karena itu perlu perlindungan lebih pada sistem imun Anda dengan mengonsumsi makanan sehat, lebih banyak minum air putih, menjaga kebersihan lingkungan dan yang lebih penting lagi melakukan vaksinasi tambahan.
Vaksin sangat dianjurkan bagi orang yang berusia 14 tahun keatas yang tidak mempunyai kekebalan. Ini melibatkan 2 dosis, 1 sampai 2 bulan antaranya. Vaksin ini dianjurkan khusus bagi orang yang menghadapi risiko tinggi, seperti petugas kesehatan, orang yang tinggal atau bekerja dengan anak kecil, wanita yang berencana hamil, serta kontak dengan orang yang mengalami imunosupresi/ sistem imun sangat rendah.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera datang ke fasilitas kesehatan atau bisa menanyakan lebih lanjut melalui tanya ahli daya.id.

 

Sumber:

Tim Riset Daya Sehat Sejahtera