(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Inilah Berbagai Hal yang Terjadi pada Perkembangan Bayi 4 Bulan

Admin rsud | 02 Januari 2020 | 549 kali

Wah, tak terasa ya, si Kecil sudah menginjak usia 4 bulan. Tentu banyak hal-hal baru yang dapat dilakukan olehnya. Si Kecil pun semakin berkembang dan tumbuh besar.

Perkembangan bayi 4 bulan dapat terjadi pada berbagai aspek. Bayi akan menunjukkan berbagai keterampilan barunya yang bisa mengejutkan orangtua sekaligus membuat bahagia. Apa saja perkembangannya?

Berbagai keterampilan dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi 4 bulan

Pada usia 4 bulan, berat badan bayi kemungkinan akan bertambah dua kali lipat dari bobotnya ketika dilahirkan. Rata-rata bayi akan memiliki berat setidaknya 5 kg atau lebih, dengan tinggi untuk bayi perempuan berkisar antara 55-67 cm, dan bayi laki-laki 58-68 cm.

Akan tetapi, tidak semua bayi masuk ke dalam kisaran tersebut. Sebab,pola pertumbuhan bayi bisa berbeda-beda. Contohnya, bayi yang lahir prematur mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk menaikkan berat badannya.

Namun, di samping berat dan tinggi badan yang terus bertambah, ada pula berbagai keterampilan baru yang dimiliki bayi. Adapun beberapa hal yang dapat terjadi pada perkembangan bayi 4 bulan, di antaranya:

  • Ketangkasan tangan

Bayi menjadi lebih tangkas dan melakukan banyak hal dengan tangannya, seperti menggerakkan atau menggoyang-goyangkan mainan. Tangan bayi pun dapat meraih setiap benda yang dapat dijangkaunya, yang kemungkinan akan dimasukkan ke dalam mulut. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan bayi agar tidak tersedak.

  • Kekuatan kepala dan tubuh

Bayi juga telah memiliki kontrol yang cukup baik atas kepalanya. Sehingga, ketika Anda memposisikannya untuk duduk disertai penyangga, bayi dapat menegakkan kepalanya.

Selain itu, saat tengkurap, bayi juga dapat menahan kepala dan dadanya tetap terangkat, dengan menopang menggunakan lengannya. Bahkan bisa berguling dari posisi telentang ke tengkurap, maupun sebaliknya. 

Kaki bayi pun dapat menendang dan mendorong sesuai dengan keinginannya. Selain itu, ketika diposisikan berdiri, bayi mampu menopang berat badannya menggunakan kaki, yang menapak pada lantai, meski ia belum dapat berjalan.

  • Penglihatan tajam

Seiring berjalannya waktu, kemampuan penglihatan bayi semakin meningkat. Bayi berusia 4 bulan telah memiliki penglihatan yang lebih tajam, sehingga dapat memilih warna kontras yang lebih halus, dan dapat membedakan warna yang terlihat sama, seperti merah dan oranye. Bayi pun akan menunjuk warna-warna cerah yang menarik perhatiannya.

Selain itu, bayi dapat melihat sesuatu yang ada di seberang ruangan, meski masih menyukai melihat dari dekat. Mata bayi dapat bergerak mengikuti benda-benda atau orang-orang di sekitar ruangan. Jarak pandang  bayi usia 4 bulan sekitar 20 – 25 cm. Jika Anda merasa bayi memiliki mata juling atau masalah penglihatan lain, berkonsultasilah dengan dokter.

  • Pengekspresian diri 

Bayi mulai memperhatikan bahwa orang merespon tindakan yang dilakukannya. Contohnya ketika bayi menangis, Anda mendatanginya. Ketika bayi menjatuhkan sesuatu ke lantai, Anda mengambilnya. Hal ini membuat bayi senang menjatuhkan benda berulang-ulang untuk melihat respons Anda. 

Bayi juga dapat mengekspresikan diri dengan celotehan-celotehan yang lebih banyak, seperti menyebut “ba”, “ma”, “pa”, menjerit atau tertawa. Bayi juga menggunakan wajahnya untuk menunjukkan berbagai emosi, mulai dari senyum berseri-seri hingga ekspresi marah yang teramat sangat. Bayi juga belajar cara membaca emosi dari suara dan ekspresi wajah Anda.

  • Kebiasaan tidur

Pada usia 4 bulan, sebagian besar bayi tidur selama 10-12 jam di malam hari jika perutnya kenyang. Ini tentu akan sangat baik bagi Anda dan pasangan karena dapat tidur nyenyak di malam hari. Oleh sebab itu, pastikan bayi menyusu dengan cukup sebelum tidur malam. 

Bayi juga akan membutuhkan waktu untuk tidur siang selama 3-5 jam dalam sehari, yang terbagi ke dalam 2-3 waktu tidur siang. Tidur siang merupakan hal yang baik untuk pertumbuhan bayi, dan dapat meningkatkan energinya.

Meski setiap bayi mungkin memiliki perkembangan yang berbeda, namun jika si Kecil menunjukkan tanda-tanda yang tak biasa pada usia 4 bulan, sebaiknya periksakan ke dokter. Adapun tanda-tanda tak biasa tersebut, berupa kondisi berikut ini.

  • Mata juling
  • Berat badan hanya bertambah sedikit dari berat lahir
  • Tidak dapat mengangkat kepala
  • Tidak bisa duduk sama sekali, meski dengan penyangga
  • Tidak menanggapi atau tidak tertarik pada wajah Anda
  • Tidak melihat benda atau orang yang bergerak
  • Tidak tersenyum

Mendeteksi masalah pada bayi sedini mungkin, dapat memberi Anda peluang untuk mengatasinya dengan cepat. Selain itu, jangan lupa untuk selalu tanyakan berbagai hal tentang tumbuh kembang bayi yang ingin Anda ketahui, pada dokter.