(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Berhenti Minum Alkohol

Admin rsud | 09 April 2019 | 1189 kali

Alkohol, salah satu jenis minuman yang mungkin menjadi favorit bagi sebagian orang. Sayangnya, mengonsumsi alkohol kerap kali menimbulkan masalah pada tubuh Anda. Mengurangi asupan alkohol atau bahkan benar-benar berhenti meminumnya memang sedikit sulit dilakukan, terlebih jika minum alkohol sudah menjadi kebiasaan Anda. Namun, berhenti minum alkohol dapat membawa banyak perubahan positif.

Jadi, apa yang bisa terjadi pada tubuh Anda saat Anda berhenti mengonsumsi alkohol?

Kualitas tidur lebih baik

Berhenti mengonsumsi alkohol dapat memperbaiki konsentarsi dan meningkatkan fungsi memori Anda. Ini juga akan berdampak pada peningkatan dan perbaikan kualitas tidur Anda. Dalam sebuah studi yang melihat apa yang terjadi setelah para peserta berhenti minum alkohol selama lima minggu, ternyata ditemukan bahwa kualitas tidur mereka meningkat dan membuat para peserta lebih ceria dan lebih produktif.

Kulit lebih bercahaya

Mengonsumsi minuman keras dapat memiliki dampak pada wajah Anda. Di sisi lain, minuman yang tidak mengandung alkohol dapat menghidrasi tubuh Anda dengan baik sehingga mengatasi beberapa kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim, juga mengurangi kemerahan dan iritasi yang bisa disebabkan oleh alkohol. Jadi, pikir dua kali sebelum Anda kembali mengonsumsi alkohol.

Meningkatkan kesehatan mental

Alkohol memengaruhi zat kimia di otak dan meningkatkan risiko gangguan cemas juga depresi. Dalam sebuah penelitian terhadap wanita yang merupakan seorang peminum berat, terungkap bahwa ia cenderung lebih merasa tertekan dibandikan dengan wanita lain yang jarang atau tidak pernah meminum alkohol. Para peneliti juga menemukan bahwa ketergantungan pada minuman keras juga dapat membuat Anda lebih rentan terhadap stres. Jadi, jika Anda sedang merasa tertekan, jelas alkohol bukan merupakan pelarian yang tepat.


Article By Claudia Ramadhani