(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Ini Sejumlah Penyakit yang Disebarkan oleh Nyamuk

Admin rsud | 09 April 2019 | 848 kali

Nyamuk merupakan salah satu serangga berukuran kecil, namun bisa menyebabkan masalah yang besar pada manusia. Kita sudah banyak melihat, bahwa banyak kasus di mana seseorang menderita penyakit yang berbahaya akibat disebarkan oleh nyamuk.

Sejumlah penyakit yang dapat memengaruhi manusia paling umum ditularkan melalui udara, terbawa oleh air, dan yang disebarkan oleh serangga seperti nyamuk.Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil tindakan yang tepat guna menjaga lingkungan Anda terbebas dari nyamuk yang dapat menyebarkan sejumlah penyakit.

Berikut ini merupakan beberapa contoh penyakit yang bisa disebarkan oleh nyamuk:

Zika

Virus zika mulai merebak selama 2016. Penyakit ini disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Saat wanita hamil mengalami penyakit ini, maka masalah seperti cacat lahir pada anak yang dikandungnya menjadi risiko yang harus diwaspadai.

Demam berdarah

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit paling umum yang disebarkan oleh nyamuk. Penyakit ini merupakan suatu kondisi serius yang jika tidak ditangani dengan cepat maka dapat menyebabkan kematian pada seseorang. Sama halnya seperti zika, demam berdarah juga disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Chikungunya

Chikungunya merupakan salah satu infeksi virus mematikan lainnya yang menyebabkan gejala seperti flu, yang kemudian menyerang sistem kekebalan tubuh, merusak organ tubuh Anda, dan yang terburuk, menyebabkan kematian. Penyakit ini juga disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Malaria

Malaria merupakan infeksi virus lainnya yang disebarkan oleh nyamuk. Meskipun vaksinasi sudah diterapkan, namun penyakit ini belum dapat diberantas sepenuhnya. Beberapa gejala seseorang telah terinfeksi malaria ialah, flu yang dibarengi dengan disentri dan diare.


Article By Claudia Ramadhani