(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Infografis: Ini Gejala Lupus, Kenali Dengan Cermat

Admin rsud | 09 April 2019 | 630 kali

Setiap orang bisa saja menderita lupus, tapi faktanya 9 dari 10 orang yang menderita lupus adalah wanita. Umumnya, wanita berusia 15 sampai 44 tahun rentan terhadap penyakit lupus. Hingga saat ini, mutasi genetika kemungkinan berperan besar menjadi penyebab penyakit lupus. 

Lupus adalah suatu kondisi kompleks yang menyebabkan tubuh keliru mendeteksi jaringan sendiri yang telah menyerbu dirinya sendiri. Sistem kekebalan tubuh gagal membedakan antara jaringan sehat, kuman, dan virus yang masuk ke sistem dari luar. Lupus menyebabkan peradangan di banyak area di tubuh, termasuk sendi, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, dan paru, yang semuanya mengancam jiwa.

Penyakit lupus memang tidak menular, tapi ternyata sangat berbahaya dan bahkan berpotensi menyebabkan kematian. Sayangnya, gejala lupus seringkali mirip dengan penyakit lain sehingga sulit didiagnosa. gejala yang terjadi bisa saja berupa gelaja ringan hingga gejala yang bisa mengancam jiwa. Ada pula penderita lupus yang hanya merasakan beberapa gejala ringan dalam waktu lama, namun tiba-tiba mengalami serangan yang cukup parah. Meskipun gejala lupus bervariasi, tetapi terdapat beberapa gejala utama yang umumnya terjadi. Infografik berikut ini akan membantu Anda mengenal gejala lupus.


Article By Mahmur Marganti