(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Imunisasi dan vaksin, Investasi masa depan anak anda

Admin rsud | 06 Maret 2018 | 750 kali

Imunisasi atau vaksin merupakan investasi masa depan bagi anak, karena dengan vaksin dan imunisasi anak akan terhindar dari penyakit serta infeksi berbahaya. Anak-anak Anda akan memiliki kesempatan beraktifitas, bermain dan belajar tanpa terganggu oleh masalah kesehatan.

Badan penelitian di berbagai negara membuktikan bahwa dengan meningkatkan cakupan vaksin dan imunisasi, maka penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi berkurang secara bermakna. Oleh karena itu saat ini program vaksin dan imunisasi dilakukan terus menerus di banyak negara. Semua negara berusaha meningkatkan cakupan agar lebih dari 90%. Di Indonesia, terjadi wabah polio 2005-2006 karena banyak bayi yang tidak diimunisasi polio, maka menyebabkan 305 anak lumpuh permanen. Setelah digencarkan imunisasi polio, sampai saat ini tidak ada lagi kasus polio baru.

Tapi sayangnya masih ada beberapa orang tua yang mengabaikan pemberian vaksin dan immunisasi dengan berbagai macam alasan mulai dari efek samping vaksin dan immunisasi, tingkat effektifitas vaksin dan immunisasi bagi anaknya sampai kesibukan para orang tua untuk selalu mengingat jadwal vaksin dan immunisasi yang sampai saat ini masih terjadwal manual.

Bahkan tak sedikit diantara mereka mengambil jalan aman dengan hanya memberikan imunisasi standar pada anak. makin berkembangnya ilmu sains dan tekhnologi saat ini para tenaga medis dan ilmuwan mencoba menyesuaikan perbincangan dengan para orang tua dan memasukan informasi yang akurat tentang resiko vaksin dan immunisasi, bahkan saat ini sudah di kembangkan mobile aplikasi +hubsehat yang bisa membantu para orang tua yang sibuk sebagai pengingat jadwal vaksin dan imunisasi anak serta dapat melihat tumbuh kembang anak kapan dan di mana saja.

Mari kita cegah penularan penyakit, wabah, sakit berat, cacat dan kematian bayi dan balita dengan vaksin dan imunisasi, untuk membangun generasi muda Indonesia yang sehat dan sejahtera