(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Faktor Penyebab Posisi Bayi Sungsang

Admin rsud | 09 April 2019 | 3618 kali

Posisi bayi sungsang atau posisi letak bokong dan kaki bayi berada di rahim bagian bawah, merupakan sebuah posisi bayi yang normal. Saat bayi berusia 20 hingga 30 minggu, bayi akan terus berputar di dalam rahim. Namun saat posisi bayi tetap sungsang, ketika sudah memasuki usia kandungan sembilan bulan, Anda harus waspada. Posisi bayi sungsang seringkali menyulitkan proses persalinan normal.

Menurut Julianto Witjaksono, Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta, beberapa hal yang menyebabkan posisi bayi sungsang sampai masa akan dilahirkan, adalah:

Faktor janin

1. Usia janin prematur atau masih kurang dari 38 minggu.

2. Berat badan janin kurang dari 2500 gram meskipun janin sudah cukup bulan.

3. Kehamilan kembar, sehingga menyebabkan janin sulit bergerak dan menyebabkan salah satu atau semua janin berada dalam posisi sungsang.

4. Janin memiliki tali pusat yang pendek sehingga menghalangi perputaran janin dalam kandungan.

5. Janin memiliki kelainan cacat fisik, seperti kepala janin kecil atau kelainan tulang panggul.

6. Kelebihan atau kekurangan cairan ketuban, sehingga memudahkan atau menyulitkan perputaran janin.

Faktor ibu

1. Plasenta terletak di bagian bawah rahim.

2. Kekakuan otot rahim yang menyebabkan rongga rahim tidak cukup elastis, sehingga menyulitkan perputaraan janin. Biasanya terjadi pada kehamilan pertama.

3. Kehamilan paritas tinggi atau kehamilan yang terlalu sering, menyebabkan rahim sangat elastis sehingga janin menjadi sangat mudah berputar pada setiap pergerakan dalam kandungan.

4. Panggul sempit, sehingga menyebabkan kepala janin tidak dapat memasuki jalan lahir saat sudah cukup bulan.

5. Kelainan bentuk anatomi rahim.

6. Adanya tumor rahim seperti mioma dalam otot rahim atau rongga rahim. Ukuran tumor yang cukup besar dapat menyebabkan penyempitan rongga rahim, sehingga menghalangi perputaran janin.

7. Usia ibu hamil yang terlalu muda, yaitu berusia kurang dari 20 tahun, atau terlalu tua, yaitu berusia lebih dari 40 tahun.

8. Memiliki riwayat kelahiran dengan posisi bayi sungsang.

Penyebab pasti mengapa bayi Anda berada pada posisi sungsang dapat Anda ketahui dengan sejumlah pemeriksaan. Konsultasikan dengan dokter kandungan yang profesional dan berpengalaman. Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak sungkan untuk menanyakan dengan detail permasalahan bayi sungsang tersebut. Selanjutnya dokter akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasinya.

 


Article By Rianti Fajar