(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Deteksi Dini Kanker pada Wanita yang Wajib Dilakukan

Admin rsud | 08 Januari 2020 | 632 kali

Penyakit kanker pada wanita menjadi ancaman maut terbesar di seluruh dunia. Untuk itu, sangat penting melakukan deteksi dini dari kanker bagi wanita.

Deteksi dini kanker dapat dilakukan melalui tes-tes umum untuk mengetahui berbagai jenis kanker pada wanita. Berikut adalah beberapa tips deteksi dini kanker pada wanita yang bisa dilakukan.

6 Deteksi Dini Kanker pada Wanita

1. Kanker Payudara

Satu dari delapan wanita dapat berisiko menderita kanker payudara. Para ahli merekomendasikan mammogram untuk mendeteksi kanker payudara minimal setiap tiga tahun sekali bagi wanita usia 20-39 tahun. Sedangkan, wanita berusia lebih dari 40 tahun dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan setiap tahun.

2. Kanker Kolorektal

Pemicu kanker paling tinggi kedua bagi wanita adalah kanker kolorektal. Gejala kanker kolorektal meliputi sulit buang air besar, diare, sembelit, perdarahan rektum atau feses berdarah, dan nyeri perut.

Wanita yang berusia lebih dari 50 tahun sebaiknya menjalani pemeriksaan kanker kolorektal dan tes darah okultisme feses, minimal setiap setahun sekali.

3. Kanker Serviks

Kanker serviks kerap menyerang area saluran dari rahim menuju ke vagina. Menurut para ahli, tes Pap smear masih menjadi langkah paling efektif untuk mencegah kanker serviks pada wanita sejak usia 18 tahun. Pap smear dapat dilakukan minimal setiap tiga tahun sekali.

4. Kanker Endometrium

Kanker endometrium biasanya menyerang lapisan rahim. Salah satu gejala awalnya adalah perdarahan rahim postmenopause atau menopause yang abnormal.

Namun para ahli hanya merekomendasikan skrining kanker endometrium ketika seorang wanita telah menunjukkan gejala-gejalanya. Satu-satunya tes yang bisa dilakukan adalah pengambilan sampel jaringan atau biopsi endometrium dari lapisan rahim.

5. Kanker Ovarium

Sayangnya, belum ada tes skrining awal yang tersedia untuk kanker ovarium. Padahal, kanker ovarium tergolong penyakit yang mematikan bagi wanita.

Para ahli menyarankan apabila Anda memiliki keluarga dengan riwayat kanker ovarium, segera berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan deteksi kanker sejak awal.

6. Kanker Kulit

Kanker kulit kadang juga sulit dideteksi sejak awal. Wanita berkulit terang harus lebih berhati-hati ketika mendeteksi setiap lesi kulit yang tidak normal. Perhatikan juga jika ada tahi lalat yang berubah bentuk, warna, dan ukurannya.

Tak Hanya Kanker pada Wanita, Penyakit Jantung Juga Perlu Diwaspadai

Meskipun deteksi dini kanker atau sangat penting, ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat berkonsultasi dengan dokter. Salah satunya adalah pemeriksaan kolesterol.

Penyakit jantung membunuh lebih banyak wanita dengan usia di atas 50 tahun. Jadi, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kolesterol sejak usia 40-an.

Tingkat kolesterol darah merupakan faktor penentu risiko utama penyakit jantung yang membuat banyak pasien berakhir dengan kematian. Selain itu, menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari nikotin merupakan langkah strategis yang baik untuk mencegah berbagai jenis penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.