(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Cegah Nyeri Punggung Dengan Cara Sederhana Ini

Admin rsud | 09 April 2019 | 401 kali

Nyeri punggung merupakan keluhan yang sering dialami banyak orang. Keluhan nyeri ini dapat menyebabkan seseorang merasa kesakitan, tidak nyaman, dan bila terjadi berkepanjangan dapat menurunkan kualitas hidup. Nyeri punggung terjadi saat ada kekakuan otot, atau penjepitan serabut saraf pada tulang belakang. Nyeri punggung yang berkepanjangan juga dapat membuat postur tubuh Anda terganggu.

Sebelum menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius, nyeri punggung sebaiknya Anda cegah dengan melakukan beberapa cara sederhana berikut ini.

1. Atur posisi

Atur posisi tubuh dengan baik, usahakan untuk berdiri atau duduk dengan tegak, namun tetap santai. Posisi tubuh yang buruk dapat menyebabkan kekakuan otot, yang mengakibatkan nyeri punggung. Anda juga tidak menghabiskan banyak waktu di kursi kerja. Bergeraklah setelah dua jam duduk, dan lakukanlah peregangan tubuh Anda.

2. Istirahat

Pastikan Anda beristirahat secara teratur, setelah duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama. Hindari bertahan pada satu posisi, lebih dari 20 menit. Tidak mengubah posisi dalam jangka waktu yang lama dapat membuat otot Anda terasa kaku.

3. Gunakan penyangga

Anda dapat menggunakan bantal kecil atau handuk sebagai penyangga. Gunakan bantal atau gulungan handuk dan letakkan di punggung bawah pada saat Anda duduk. Pastikan Anda tetap duduk dengan posisi yang tegak meskipun sambil bersandar.

4. Atur meja kerja

Mengatur meja kerja dan menyesuaikannya dengan postur tubuh, akan membuat Anda merasa nyaman dan relaks. Hal ini dapat mengurangi nyeri pada punggung bawah.

Dengan melakukan keempat cara tersebut di atas, punggung Anda akan terbebas dari rasa nyeri. Selain bebas nyeri, Anda juga akan mendapatkan postur tubuh yang ideal. Bila cara-cara tersebut sudah Anda lakukan, namun Anda masih merasa nyeri punggung, segera konsultasikan kondisi Anda. Dengan begitu Anda dapat mengetahui penyebab nyeri punggung yang Anda alami dan dapat mengatasinya dengan cara yang tepat.


Article By Rianti Fajar