(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Cara Pemulihan Kulit yang Terkena Sinar Matahari

Admin rsud | 09 April 2019 | 605 kali

Beraktivitas di luar ruangan memang sangat mengasyikan. Hal tersebut kadang membuat kita menjadi lupa memberikan proteksi terhadap kulit dari paparan sinar matahari, dengan menggunakan tabir surya. Ada kalanya, meski sudah mengoleskan tabir surya, kulit tetap saja terbakar. Lalu bagaimana cara terbaik untuk memulihkan kondisi kulit yang terbakar sinar matahari? Berikut beberapa cara terbaik yang bisa Anda lakukan.

Mandi dengan air dingin

Untuk menenangkan kulit terbakar mandilah dengan air dingin. Anda juga bisa menambahkan secangkir oat utuh ke dalam air mandi dingin Anda untuk menambah efek menenangkan.

Oleskan pelembap

Gunakanlah pelembap secara rutin selama beberapa hari setelah kulit terbakar sinar matahari. Gunakan pelembap yang mengandung lidah buaya, gliserin atau asam hyaluronik. Simpanlah pelembap Anda di dalam kulkas sebelum digunakan.

Konsumsi obat pereda nyeri

Ketika kulit Anda menjadi kemerahan akibat terbakar matahari, gunakanlah obat anti inflamasi yang dijual bebas seperti aspirin atau ibuprofen. Obat tersebut dapat membantu meredakan peradangan dan kemerahan sekaligus mengurangi nyeri.

Cukup minum

Saat terbakar matahari, kulit Anda akan kehilangan kelembapannya. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi Anda mengonsumsi banyak air putih. Selain dapat mengembalikan kelembapan, air putih juga bisa mencegah tubuh dari dehidrasi. Konsumsi juga buah yang kaya air seperti semangka, melon, atau anggur.

 


Article By Mahmur Marganti