(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Cara Menghilangkan Lendir Tenggorokan

Admin rsud | 24 Januari 2018 | 1395 kali

Produksi lendir tenggorokan sangat diperlukan bagi tubuh karena dapat memberikan manfaat untuk melindungi sistem pernapasan, sistem pencernaan dan sistem urogenital serta sistem tubuh lainnya dari berbagai macam penyakit dan infeksi, serta menjadi antibodi untuk pertahanan tubuh atau daya tahan tubuh terhadap masuknya kuman, virus dan bakteri. Namun jenis lendir pada tenggorokan yang berlebihan merupakan suatu gejala penyakit yang sangat mengganggu para penderitanya, maka dari itu penanganan menghilangkan lendir berlebih pada tenggorokan tersebut menjadi sangat perlu. Dan berikut dibawah ini merupakan cara menghilangkan lendir tenggorokan :

Buanglah lendir : Cara yang pertama adalah dengan mengeluarkan atau membuang lendir akan menjadi lebih baik ketimbang menelan atau membiarkannya dalam tenggorokan, karena apabila hal sedemikian itu terjadi, bukannya lendir tersebut akan menjadi semakin berkurang, malah akan dapat semakin bertambah. Maka dari itu, buanglah lendir tersebut sesering mungkin, jangan ditelan dan jangan di biarkan, apabila ingin segera hilang, buanglah lendir yang termasuk menganggu tersebut.

Konsumsi minuman dan makanan hangat : Mengkonsumi air hangat atau minuman hangat lainnya seperti lemon tea hangat yang bisa anda campur dengan madu, merupakan salah satu cara yang efektif untuk membersihkan dan menghilangkan lendir sekaligus menenangkan serta melegakan tenggorokan anda. Selain itu konsumsilah sup hangat untuk menu makanan anda. Sehingga dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat dapat membantu produksi lendir anda menjadi menipis dan membantu dalam membilas atau mengurangi lendir yang menempel pada tenggorokan.

Mengurangi makanan berlemak : Lendir yang terjadi pada tenggorokan berawal dari batuk, dan gejala batuk itu sendiri diakibatkan dari produksi rangsangan makanan yang mengandung minyak berlebih dan bahkan termasuk dari makanan pedas lainnya, maka dari itu ketika anda mengalami gejala lendir pada tenggorokan kurangilah atau bahkan hindarilah makanan berlemak dan pedas agar lendir di tenggorokan tidak akan menyertai anda, dan sayangilah kesehatan tenggorokan anda.

Obat-obatan herbal : Dan cara yang terakhir yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan lendir tenggorokan yaitu dengan mengkonsumsi obat pembersih lendir atau obat untuk infeksi / alergi yang menjadi penyebab lendir tersebut. Karena saat infeksi di obati, secara otomatis produksi lendir akan menjadi berkurang.