(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Cara Daftar/kunjungi di Rumah sakit

Admin rsud | 28 November 2017 | 21874 kali

1. cari tempat pendaftaran pasien diRumah Sakit tempat anda periksa.

2. mendaftar. pastikan kamu mendaftar di loket yang benar. kalau kamu punya asuransi atau jaminan kesehatan, pakai aja, biaya periksa jadi murah. beberapa rumah sakit ada yang membedakan antara loket umum dengan loket jaminan kesehatan jadi dipastiin aja loket pendaftaranmu udah bener.

3. setelah terdaftar biasanya ntar dikasih semacam bukti kertas pendaftaran. di situ akan tertulis kamu jenis pasien umum atau dengan asuransi. untuk memastikan kamu bisa tanyakan ke petugas pendaftaran apa aja yang harus diberikan ke perawat di poliklinik kulit. tanyakan juga kapan dan di mana kamu harus bayar biaya periksa. biasanya kalau baru pertama kali ntar juga dijelasin sama petugasnya.

4. pergi ke poliklinik kulit. di rumah sakit-rumah sakit besar biasanya di polikliniknya ada pendaftaran lagi. di sini kamu ngasihin kertas-kertas dari bagian pendaftaran buat ngantri periksa. kalo rumah sakitnya kecil, ya intinya kamu temuin perawat polikliniknya, bilang kamu mau periksa, udah daftar, dan ngasih berkas-berkas pendaftaran yang diperlukan.

5. nunggu di ruang tunggu pasien. di sini kamu nunggu rekam medismu dari bagian rekam medis yang dihubungin bagian pendaftaran, sampai ke tangan perawat poliklinik. pasien baru biasanya rekam medisnya cepet datengnya soalnya rekam medisnya kan baru jadi gak perlu nyari2 di tumpukan rekam medis kayak di pasien lama. kalau rekam medismu udah ada tapi dokternya belum dateng kamu juga harus nunggu. harap maklum, dokter spesialis di Indonesia masih agak jarang jadi mereka praktek di beberapa tempat sekaligus jadi kadang suka telat2.

6. setelah dipanggil masuk poliklinik, kamu diperiksa. ceritakan semua keluhan dan keperluanmu dateng ke poliklinik. kalo dokternya gak jelas njelasinnya, kamu tanya2 aja sampe kamu paham, jelas, dan ngerti tentang sakitmu dan pengobatannya.

7. kalo dokternya ngeresepin obat, kamu tebus obat itu di apotek. bisa di apotek mana aja. pilih yang murah. cuma berhubung obat dari dokter kulit biasanya racikan, kemungkinan besar obatnya cuma bisa ditebus di apotik rumah sakit atau apotik yang ditunjuk dokter yang mungkin lebih lengkap. jadi kamu keluar poli dengan membawa resep, kertas2 buat nanti kamu bayar di loket pembayaran. tanya prosedurnya ke perawat kalau bingung.

8. setelah bayar dan obat di tangan kamu bisa pulang. buat jalan keluar dari rumah sakit kamu ikutin aja tanda exit.

hehe. gampang kok di rumah sakit. oh iya, mendingan kamu dateng ke rumah sakitnya pagi. soalnya kalo siang2 petugasnya suka udah pada cape jadi njelasinnya jadi gak terlalu jelas. biasanya pasien poli kulit tu dikit dan mulainya agak siang sekitar jam 9-10. ada baiknya kamu tahu jam buka poli kulit yang kamu tuju jam berapa. ini bisa kamu tanya ke pak satpam setempat. atau kamu main dulu ke rumah sakitnya liat tulisan jam buka polinya jam berapa. biar gak kelamaan nungguin periksanya gitu. semoga membantu :)