(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Berbagai Gejala Kanker Prostat yang Sering Tidak Dikenali

Admin rsud | 08 Januari 2020 | 1780 kali

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang memiliki kemungkinan sembuh lebih tinggi, apabila mendapat perawatan sejak dini. Hanya saja, gejala kanker prostat umumnya belum muncul pada tahap awal perkembangan penyakit.

Sehingga, kebanyakan penderita kanker prostat baru mendapat perawatan saat kondisi kanker sudah berkembang menjadi lebih parah. Kondisi ini dapat disiasati, apabila Anda rutin memeriksakan kesehatan prostat ke dokter.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengenali gejala kanker prostat, agar dapat segera mencari perawatan yang tepat saat kondisi-kondisi tersebut terjadi. Berikut ini adalah gejala kanker prostat yang perlu Anda kenali.

Kenali Gejala Kanker Prostat Berikut Ini

Gejala kanker prostat yang terjadi dapat bersifat individual. Bahkan, beberapa orang bisa jadi tidak merasakan gejala sama sekali. Gejala umumnya baru akan muncul saat tumor yang terbentuk mulai menyebabkan pembengkakan pada kelanjar prostat, atau saat kanker telah menyebar ke area lain. Beberapa gejala kanker prostat adalah:

  • Mengalami kesulitan untuk mulai buang air kecil
  • Aliran saat buang air kecil sangat pelan atau terganggu
  • Sering buang air kecil, terutama saat malam hari
  • Kesulitan untuk benar-benar mengeluarkan semua urine saat buang air kecil
  • Nyeri atau merasakan sensasi seperti terbakar saat buang air kecil
  • Terdapat darah pada urine atau air mani
  • Nyeri di punggung, pinggang, serta pinggul yang kunjung reda
  • Nyeri saat ejakulasi

Kondisi-kondisi di atas secara teknis bukan merupakan gejala yang disebabkan oleh kanker itu sendiri, melainkan karena penyumbatan yang terjadi sebagai akibat dari pertumbuhan kanker di prostat. Tidak hanya itu, pembesaran prostat yang tidak disebabkan oleh kanker serta infeksi saluran kemih juga bisa menjadi penyebab terjadinya kondisi di atas.

Gejala Kanker Prostat dalam Kondisi Parah

Sementara itu, kanker prostat yang sudah parah dapat menimbulkan gejala pada sebagian anggota tubuh dan berat badan.

1. Tulang di beberapa bagian tubuh:

Rasa nyeri yang parah atau kekakuan pada tulang panggul, punggung bagian bawah, tulang rusuk, atau paha bagian atas. Rasa nyeri umumnya akan dirasakan hingga ke tulang di area-area tersebut.

2. Berat badan:

Berat badan turun, tidak nafsu makan, mual, muntah, dan kerap merasa lelah.

2. Tubuh bagian bawah:

Pembengkakan pada anggota tubuh bagian bawah. Selain itu, anggota tubuh bagian bawah menjadi lemah atau tidak dapat digerakkan, disertai dengan sembelit.

Gejala Kanker Prostat yang Sudah Menyebar

Kanker prostat juga dapat menyerang organ sekitarnya, menyebar melalui aliran darah, atau sistem limfatik ke tulang, maupun organ lainnya di tubuh. Lokasi penyebaran kanker prostat pada tulang yang paling umum adalah tulang belakang.

Semakin lama, pertumbuhan dari tumor yang terdapat pada tulang belakang, akan menyebabkan tekanan pada saraf tulang belakang. Tertekannya saraf tulang belakang adalah keadaan darurat, dan bisa menjadi tanda awal terjadinya kanker.

Gejala dan yang dapat muncul akibat tertekannya saraf tulang belakang antara lain:

  • Kaki menjadi lemah dan sulit berjalan
  • Semakin sulit untuk buang air kecil atau buang air besar
  • Kesulitan mengontrol keinginan untuk buang air
  • Berkurangnya kemampuan untuk merasakan sensasi, atau munculnya rasa kebas pada pangkal paha atau kaki

Gejala-gejala di atas kerap disertai dengan nyeri di pinggul, yang umumnya terjadi hanya pada satu sisi, atau di punggung. Kondisi ini dapat dirasakan hingga beberapa hari hingga beberapa minggu.

Apabila mengalami gejala seperti di atas, Anda diharapkan untuk segera mendapatkan perawatan darurat di rumah sakit. Jika tidak segera dirawat, gejala tersebut dapat menyebabkan kerusakan permanen pada saraf tulang belakang.