(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Benjolan Pada Payudara “FAM”

Admin rsud | 09 November 2017 | 33530 kali

 

Pengertian FAM  fibroadenomma mammae yaitu adalah suatu tumor yang terdapat pada payudara dengan konsistensi padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya, yang mempunyai bentuk bulat atau lonjong, dan berbatas tegas ( Soelarto R, 1995 : 355 ).

Sifat benjolan pada tumor jinak payudara (FAM) adalah :
Biasanya berbentuk bulat menyerupai kelereng, jika bentuk tidak beraturan maka dicurigai tumor ganas, konsistensi (kekerasan pada benjolan) kenyal seperti bakso karena berisi lemak, jadi jika benjolan di tekan maka lembeknya seperti kita menekan bakso, jika keras seperti batu di curigai tumor ganas.

Fibroadenoma mammae (FAM), berasal dari fibro = jaringan ikat dan adonema = jaringan kelenjar. Adanya fibroadenoma atau yang biasa dikenal dengan tumor payudara membuat kaum wanita selalu cemas tentang keadaan pada dirinya. Terkadang mereka beranggapan bahwa tumor ini adalah sama dengan kanker. Yang perlu ditekankan adalah kecil kemungkinan dari fibroadenoma ini untuk menjadi kanker yang ganas. Fibroadenoma ini dapat kita gerakkan dengan mudah karena pada tumor ini terbentuk kapsul sehingga dapat mobil, sehingga sering disebut sebagai ”breast mouse”.

untuk mengetahui apakah terkena fam atau tidak lakukan lakukan teknik SADARI. saddari  adalah kepanjangan dari periksa payudara sendiri. nah bagai mana caranya lihat gambar di bawah ini secara seksama ya.

nah  bagaimana bisa di praktekan di rumah bukan?

sekarang kita bahas apakah fam ini bahaya atau tidak?

Fam termasuk tumor jinak tapi jangan sepelekan ya, sekalipun jinak fam dapat berubah menjadi tumor ganas, nah kenapa bisa ganas? ya karna semakin lama penyakit menempel di tubuh kita akan semakin memunculkan resiko-resiko baru terjadinya komplikasi. jika mengetahui benjolan segera konsultasikan ke dokter atau ke tenaga kesehatan seperti perawat atau bidan agar dapat di tangani secepatnya.

bagaimana cara mengobati FAM?

cara satu-satunya mengobatinya dengan metode pengangkatan jaringan famatau operasi. biasanya setelah konsultasi pasien akan di arahkan operasi oleh dokter spesialis bedah. tergantung kondisi pasien jika keadaan pasien bagus maka operasi bisa cepat di lakukan.

apakah pasien fam post oprasi dapat tumbuh kembali?

menjaga pola hidup sehat adalah kunci seseorang akan menikmati hidupnya dangan tenang sama halnya dengan fam apalagi di usia produktif perkembangan hormonal masih tinggi kemungkinan masih bisa tumbuh kembali. bagai mana cara mengatasinya? biasanya pasien post operasi akan di anjurkan kontrol setiap periode waktu tertentu

jangan abaikan kesehatan anda  . seperti kata pepatah lebih baik mencegah dari pada menobati.