(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Benarkah Penyakit Psoriasis Tak Bisa Sembuh?

Admin rsud | 18 September 2018 | 9760 kali

Penyakit psoriasis kurang banyak dikenal masyarakat, karena penderitanya banyak yang menyembunyikan fakta bahwa mereka mengalami penyakit tersebut. Sebenarnya penyakit itu tidak berbahaya, namun karena menyerang kulit maka dapat membuat minder atau rendah diri.

Apa sebenarnya penyakit psoriasis tersebut? Sebenarnya itu adalah salah satu jenis penyakit autoimun yang menyerang kulit. Kulit menjadi bersisik di beberapa bagian, dengan lapisan-lapisan yang makin lama makin menebal. Warna sisik kulit itu keperakan dan menimbulkan rasa gatal serta perih.

Lapisan kulit tebal itu dapat mengelupas dan akan digantikan lagi dengan lapisan kulit baru di bawahnya. Jika terjadi di bagian kepala, maka ia akan terlihat seperti ketombe yang menebal dan bisa mengelupas.

Penyebabnya hingga kini masih belum bisa dipastikan, karena ini disebabkan oleh imun tubuh si penderita sendiri. Namun dokter kulit banyak berpendapat bahwa stres adalah pemicu utama penyakit psoriasis.

Autoimun tubuh si penderita membuat sel kulit mereka tumbuh lebih cepat hingga menjadi lapisan-lapisan sisik. Itu makin parah jika mereka stres dan banyak pikiran.

Saran dari dokter untuk penderita psoriasis adalah agar mereka menjaga level stres tidak melebihi batas. Caranya dengan olahraga secara rutin, sebab olahraga dapat menjaga level stres tetap normal.

Ada beberapa obat minum dan salep yang bisa digunakan oleh penderita, namun tidak sepenuhnya akan menyembuhkan. Penyakit autoimun adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan walau bisa dikurangi gejalanya.

By C Novita