(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Beberapa Cara Medis Untuk Hilangkan Bekas Luka

Admin rsud | 09 April 2019 | 1377 kali

Tidak sedikit orang yang mengalami krisis kepercayaan diri akibat bekas luka yang terdapat pada tubuh mereka. Terlebih bekas luka tersebut berada pada area yang mudah terlihat, seperti halnya wajah. Cara menghilangkan bekas luka ada bermacam-macam, bisa menggunakan krim, salep, atau suplemen yang mengandung vitamin E. Tetapi, meskipun sudah melakukan cara tersebut, tetap saja ada bekas luka membandel yang hanya bisa dihilangkan dengan cara medis. Berkut beberapa cara medis yang dapat Anda lakukan, untuk menghilangkan bekas luka membandel pada tubuh Anda.

Dermabrasi
Cara ini biasanya dilakukan pada bentuk luka yang menggumpal pada lapisan kulit. Dermabrasi dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang akan mengikis permukaan kulit bekas luka. Sehingga lapisan kulit baru akan terlihat lebih halus.

Microdermabrasi
Proses ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan bekas luka yang lebih kecil atau dangkal, seperti luka bekas jerawat yang ringan, garis halus, bintik penuaan dan kekusaman.

Laser resurfacing
Hampir sama dengan pengerjaan dermabrasi, tetapi laser resurfacing akan bekerja langsung pada jaringan kolagen dalam dermis, bukan pada lapisan paling luar kulit. Dengan teknik ini, maka akan memberikan hasil yang lebih halus pada luka.

Suntikan stereoid
Suntikan steroid biasanya diaplikasikan pada luka hypertrophic atau luka keloid. Suntikan ini akan diberikan berulang kali dalam jangka waktu lama hingga bekas luka tampak rata.

Balut bersilikon
Cara ini biasanya digunakan untuk jenis luka bekas cangkok kulit atau luka bakar besar. Dengan menggunakan balut ini, bekas luka akan lebih merata dan lembut. Balut tekan bisa dikenakan di atas bekas luka selama 24 jam sehari, selama 6–12 bulan.


Article By Bebby Sekarsari