(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Bahaya Keputihan Pada Wanita

Admin rsud | 17 Oktober 2017 | 9582 kali

Sebenarnya keputihan ini sudah menjadi masalah yang sangat erat dengan seorang wanita, namun kurangnya pengetahuan akan bahaya keputihan pada wanita membuat banyak orang menyepelekan hal yang satu ini. Lalu apa sih sebenarnya keputihan itu? Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui lebih dekat tentang keputihan serta bahaya yang menyertainya.

Penyakit Keputihan

Keputihan merupakan sebuah kondisi dimana organ dalam wanita mengeluarkan sebuah cairan berwarna putih untuk membantu membersihkan dan mengeluarkan kotoran yang ada didalam. Untuk seorang yang berada dalam masa menstruasi tentu sangat mengetahui hal ini, karena sebelum masa menstruasipun wanita juga akan merasakan sebuah gejala seperti halnya keputihan.

Jika seorang wanita mengeluarkan cairan berwarna putih seperti ini, tentu sangat wajar atau bisa dibilang keputihan normal. Namun, untuk keputihan secara tidak normal biasanya cairan memiliki tekstur yang lebih encer dari biasanya,  warna akan berbeda, dan jumlah yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Jenis Penyakit Keputihan Pada Wanita

Keputihan yang biasa terjadi pada wanita ini bisa kita bedakan menjadi dua hal, yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal. Berikut perbedaan dua jenis keputihan tersebut:

  1. Keputihan normal

Keputihan jenis ini tidak berbahaya dan umum terjadi pada setiap wanita pada saat masa subur atau pada masa sebelum menstruasi. Jadi keputihan ini juga bisa digunakan untuk mengetahui kapan akan terjadi menstruasi. Keputihan normal ini tidak akan memberikan dampak buruk bagi wanita. Cairan yang dikeluarkan juga lebih kenyak dan tidak berbau. Sedangkan untuk warna sendiri adalah putih namun tidak terlalu pekat.

 

  1. Keputihan tidak normal

Keputihan tidak normal inilah yang memiliki efek negatif pada seorang wanita karena bakteri yang terjadi akibat keputihan tidak normal ini akan menyebabkan infeksi diberbagai organ seperti vagina dan juga saluran kantung kemih. Keputihan tidak normal disebabkan oleh kondisi organ intim wanita yang terkena infeksi oleh tubuh sehingga cairan yang dikeluarkan akan terasa lebih encer dan dalam jumlah banyak. Sedangkan warnanya sendiri bisa berubah-ubah seperti merah seperti adanya campuran darah, kuning, hijau, sampai coklat.

Bahaya Keputihan Pada Wanita Jika Tidak Diatasi

Inilah dua jenis keputihan yang sering dialami oleh wanita. Memang tidak semua keputihan itu berbahaya, keputihan yang tidak norlmal inilah yang memiliki efek negatif bagi tubuh. Seperti yang kami bilang diatas bahwa banyak orang yang tidak mengetahui bahaya keputihan pada wanita Dan berikut beberapa bahaya keputihan pada wanita:

  1. Dapat menyebabkan ketidak harmonisan

Untuk seorang wanita yang mengalami keputihan tidak normal, akan merasakan beberapa efek negatif pada saat berhubungan intim seperti timbulnya rasa perih, organ dalam memiliki bau yang tidak sedap, dan terlalu becek. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya ketidak harmonisan rumah tangga.

 Kanker payudara dan kanker leher rahim

Keputihan tidak normal biasanya terjadi karena organ kewanitaan tidak mendapatkan perawatan sehingga akan banyak virus yang nantiya bisa memicu terjadinya kanker leher pada rahim dan juga kanker payudara. Virus yang menyebabkan kanker payudara ini lewat dari organ kewanitaan.

 

  1. Kerak keputihan yang dapat menggangu peranakan

Jika seorang terkena keputihan dan tidak segera diobati maka lambat laun akan terjadi penumpukan kerak pada rahim. Hal ini bisa menyebabkan berbagai hal seperti kanker, infeksi, radang bahkan menghalaingi pembuahan karena terjadi penyumbatan.

 

Cara Alami Mengatasi Bahaya Keputihan Pada Wanita

Bagi kalian yang pernah mengalami keputihan, ada baiknya anda segera memeriksakan diri kedokter untuk meminta obat kimia atau meminta rekomendasi obat-obat alami yang bisa gunakan untuk menyembuhkan keputihan. Beberapa tanaman alami yang umum digunakan dalam mengatasi penyakit keputihan seperti pisang, minyak teh, jahe, lidah buaya, akar bayam, akar mawar, biji ketumbar, biji mangga, daun sirih, bawang putih, kinyit dan masih banyak lainnya.

Namun, bagi kalian yang belum mengalami keputihan tidak normal ada baiknya kalian melakukan pencegahan seperti selalu menggunakan pembalut saat menstruasi, menjaga kelembapan organ intim, membersihkan organ dalam dengan teratur, menghindari stress, hidup sehat dengan menjaga pola makan atau olahraga.

Berikut artikel kita kali ini yang membehas tentang bahaya keputihan pada wanita dengan cepat dan benar. Bagi kalian yang terkena ganguan keputihan tidak normal anda bisa mengkonsultasikan ke dokter sedangkan untuk anda yang belum melakukannya maka  pencegahan sejak dini adalah pilihan yang tepat.