(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Bahaya Berbagi Sikat Gigi Dengan Orang Lain

Admin rsud | 09 April 2019 | 1861 kali

Lupa membeli sikat gigi baru untuk menggantikan sikat gigi yang rusak, atau lupa membawa sikat gigi saat harus menginap di rumah kerabat, seringkali membuat Anda harus meminjam sikat gigi orang lain. Saat itu Anda mungkin tidak merasakan keluhan apapun. Namun tahukah Anda bila menggunakan sikat gigi milik orang lain dapat membahayakan kesehatan Anda?

Setiap orang menggunakan sikat giginya dua kali sehari. Sikat gigi merupakan benda yang terpapar bakteri setiap kali digunakan. Bila ada lebih dari satu orang yang menggunakan sikat gigi yang sama, maka akan ada paparan bakteri mulut yang lebih banyak juga. Meskipun Anda sudah membersihkan sikat gigi sebelum dan sesudah menggunakannya, tetap ada kemungkinan tersisanya bakteri pada bulu sikat gigi.

Bakteri streptococcus merupakan jenis bakteri yang dapat menular akibat penggunaan sikat gigi bersama-sama. Bakteri tersebut dapat menyebabkan gigi berlubang, serta penyakit gigi dan mulut lainnya.

Berbagi sikat gigi juga dapat membuat bulu sikat gigi menjadi lebih mudah rusak. Menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang rusak, dapat melukai gusi Anda. Selain itu, bulu sikat gigi juga bisa saja tertinggal di dalam gigi atau mulut Anda. Hal ini dapat melukai semua organ yang ada di dalam mulut.

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), berbagi sikat gigi juga dapat menularkan berbagai penyakit. Pertukaran cairan tubuh adalah risiko yang akan terjadi saat menggunakan satu sikat gigi secara bersama-sama. Bukan hanya pertukaran air liur, tetapi bisa juga terjadi pertukaran darah. Saat menggosok gigi, sebagian orang mengalami gusi berdarah yang dapat menularkan penyakit. Apalagi bila hal ini terjadi pada orang yang menderita penyakit menular dan memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Salah satu penyakit yang dapat ditularkan akibat berbagi sikat gigi adalah hepatitis.

Mengingat risiko penularan penyakit yang mungkin terjadi, maka Anda sebaiknya tidak berbagi sikat gigi dengan orang lain. Selalu perhatikan ketersediaan sikat gigi Anda. Bila perlu, persiapkan sikat gigi cadangan saat Anda harus bepergian lama dengan jarak yang jauh.


Article By Rianti Fajar