(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Awas, Ngupil Sembarangan Bisa Berbahaya bagi Kesehatan!

Admin rsud | 21 Juni 2018 | 951 kali

JAKARTA - Ngupil adalah salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang. Kebiasaan ini jelas tidak dilakukan di hadapan publik, tapi dilakukan ketika dirasa tidak ada seorang pun yang melihatnya.

Ngupil tidak hanya mengganggu pandangan seseorang. Kebiasaan buruk ini ternyata punya dampak buruk bagi kesehatan.

Dikutip dari Boldsky, tidak hanya tidak higienis, ngupil ternyata sangat tidak sehat bagi kekebalan tubuh. Salah-salah, kulit dalam bisa terkoyak dan bahkan bisa merobek septum antara dua lubang hidung jika terlalu kasar. Berikut efek buruk ngupil bagi kesehatan.

1. Mimisan
Bagi orang yang suka ngupil, kondisi ini umum terjadi. Ngupil dengan cara yang terlalu agresif bisa dengan mudah merusak atau merobek kulit dalam hidung. Akan lebih berbahaya jika ngupil dengan kuku tajam. Mimisan membutuhkan waktu untuk pemulihan penuh, tapi orang yang suka ngupil tak suka menunggu dan segera ngupil lagi, sehingga memicu kerusakan lebih.

2. Merobek septum nasal
Di kasus yang lebih ekstrem, ngupil juga bisa merusak septum dalam hidung atau lapisan tulang rawan tipis yang memisahkan dua lubang hidung. Orang yang menggunakan kuku untuk menggaruk kotoran dari hidung bisa merusak septum dan menyebabkannya berdarah. Luka ini biasanya sulit disembuhkan dan bisa menyebabkan iritasi serta nyeri.

3. Terkena infeksi
Ketika memasukkan jari ke lubang hidung untuk ngupil, tindakan ini bisa menjebak kotoran di bawah kuku, yang kemudian menjadi tempat berkembang biak kuman dan bakteri. Bakteri ini bisa menemukan jalan ke tubuh dan memicu infeksi lain.

4. Tidak higienis
Salah satu alasan paling menjijikkan yang seharusnya membuat orang berhenti ngupil adalah tangan yang digunakan untuk ngupil terkadang tidak dicuci ketika makan atau melakukan aktivitas lain. Itu kebiasaan yang benar-benar tidak higienis dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

5. Jerawat di lubang hidung
Beberapa orang punya kulit sensitif yang gampang jerawatan. Bagi orang-orang seperti itu, ngupil bisa sangat menyakitkan dan harus dihindari karena bisa mengiritasi kulit nasal dan menyebabkan jerawat di folikel bulu hidung. Jerawat ini sangat menyakitkan dan sangat tiak sehat.

6. Menyebabkan sinusitis
Di beberapa kasus, kalau ada orang yang menderita demam dan hidung tersumbat, ngupil bisa menyebabkan berkembangnya sinusitis. Bakteri dari kuku bisa menyebabkan infeksi dan memicu peradangan lebih lanjut. Sinus bisa menjebak bakteri ini dan karena tempat yang tidak memadai, bakteri ini bisa berlipat ganda dan membentuk infeksi di rongga hidung.

7. Infeksi lain
Terkadang, bakteri atau virus asing bisa masuk kalau ngupil dengan tangan kotor. Bakteri atau virus itu dengan gampang bisa pindah dari hidung ke batang tenggorokan dan kemudian ke tubuh melalui saluran aliran udara.