(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Artikel Kesehatan Pria

Admin rsud | 08 Januari 2018 | 1003 kali

Kaum pria pada umumnya memang cenderung kurang memerhatikan masalah kesehatannya sendiri. Mereka seakan lupa betapa pentingnya kesehatan mereka sendiri yang merupakan investasi utama masa depan. Beberapa faktor yang penting dalam menjaga kesehatan antara lain :

  1. Pola Hidup

Dengan pola hidup yang tidak teratur, umumnya dikalangan remaja, pria sering kali mengabaikan waktu istirahatnya untuk bebagai aktifitasnya. Dimana itu sangat mengganggu sistem metabolisme tubuh, efeknya tubuh akan terasa mudah lelah dan yang tentu saja adalah rawan terkena penyakit. Istirahat yang cukup, waktu tidur yang cukup dan teratur akan menjaga kondisi tubuh kita tetap baik. Dan juga hindari merokok dan olah raga yang teratur

  1. Pola Makan

Disamping pola hidup atau waktu istirahat ,kesehatan tubuh juga bergantung pada pola makan. Lagi-lagi para pria sangat sering mengabaikan pola makan yang sehat. Aktifitas pria masa kini semakin mejauhkan mereka dari pola makan yang sehat. Pekerjaan, kegiatan kampus atau sekolah, ataupun aktifitas hiburan lainnya cenderung membuat para pria tidak memperdulikan pola makannya. Pola makan yang sehat terdiri dari banyak kriteria. Pola makan yang teratur tentu saja dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem metabolismenya. Selanjutnya tentang nutrisi, mengkonsumsi makanan yang tepat nutrisinya sudah pasti menghindarkan tubuh dari beberapa virus atau penyakit.

Hindari mengkonsumsi makan cepat saji, mengkonsumsi mie instan berlebihan, karena megandung senyawa kimia yang dapat merusak sistem metabolisme tubuh. Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran dan protein yang cukup untuk memenuhi pola makan yag sehat.

Setelah semua itu tidak kalah penting untuk mengkonsumsi minum air putih yang cukup. Karena beberapa penelitian memaparkan bahwa pria modern sangat kurang kosumsi air putih setiap harinya.

Para pria umumnya juga memiliki kebiasaan buruk yang berlaku umum. Merokok misalnya. Saya pernah menyangka jika semua pria pernah merokok, beruntung dugaan saya salah. Merokok sangat merugikan kesehatan. Hal ini sudah dibahas oleh jutaan media dan masih selalu digaungkan dimana-mana. Itu dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat karena penelitian secara valid sudah menemukan bukti kerugian merokok yang sangat besar.

Bahkan di bungkus rokok pernah ditulis dalam huruf yang mudah terbaca bahwa merokok menimbulkan kanker, batuk, gangguan kesehatan bahkan kemandulan. Hal itu bukan omong kosong belaka. Merokok memang meningkatkan kemungkinan terkena varikokel 9x lebih tinggi dibanding bukan perokok.

Apa itu varikokel?

Varikokel adalah penyakit buntunya pembuluh darah testis yang menyebabkan gangguan produksi sperma. Karena itu varikokel bertanggung jawab langsung terhadap kemandulan. Dan perlu diketahui penyakit ini sangat umum dan semakin kesini makin tinggi para pria yang mengidapnya.

Kebiasaan lain yang cukup ternar pada pria-pria modern adalah minum minuman keras dan mengkonsumsi obat psikotropika. Kedua macam kebiasaan ini sama-sama mengganggu kesehatan syaraf. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam jangka waktu lama bisa memunculkan gangguan syaraf permanen dengan gejala menurunnya kemampuan memahami, lambat mengerti bahkan scizoprenia.

Efek lain adalah gangguan pembuluh darah mulai dari varikokel, serangan jantung, penyakit ginjal sampai varises. Obat-obatan yang dimaksud juga tidak terbatas pada obat psikotropika, pengobatan rutin seperti minum obat penenang dan obat jantung juga bisa menimbulkan efek yang sama. Karena bagaimanapun juga obat adalah zat asing bagi tubuh. Keberadaannya dalam jangka waktu lama dalam darah akan tersebar ke seluruh jaringan tubuh dan menumpuk dimana-mana. Ada yang terikat pada jaringan lemak, ada yang terikat dengan jaringan tulang dan semacamnya. Karena itu mencoba hidup sehat dengan olah raga dan menghindari obat-obatan adalah cara terbaik.

Kebiasaan lain para pria (atau wanita) adalah makan-makan berlemak tinggi. Fast food, junk food adalah sumber lemak tinggi. Mengkonsumsinya secara rutin akan memperpendek umur dan memicu berbagai penyakit. Berbagai makanan tradisional dengan lemak tinggi juga memiliki resiko serupa.

Seperti kita ketahui, kita orang indonesia memiliki berbagai macam masakan tradisional yang lezat dan tidak sedikit yang memainkan lemak sebagai zat yang makin mempersedap masakan seperti sate, gule, kare, rawon dll. Sekali-kali makan dengan diimbangi olahraga yang cukup tidak akan mengganggu kesehatan. Namun sekali lagi jika makanan sedap itu terlalu banyak masuk tubuh, apalagi tidak diimbangi dengan aktivitas dan olahraga yang cukup maka terjadi penmpukan lemak dalam darah.

Lemak dalam darah akan meningkatkan potensi penyumbatan atau minimal penyembpitan pembuluh darah. Dan akibatnya sangat mengerikan mulai dari stroke, serangan jantung, gangguan ginjal dan varikokel. Semua dimulai saat terjadi penyempitan pembuluh darah.

Kenikmatan hidup melalui makanan bukan untuk dihindari namun tidak perlu berlebihan.

Jangan hanya gara-gara makanan anda terkena varikokel dan akhirnya tidak punya anak. Tentu tidak sepadan antara enaknya makanan dengan pedihnya hidup mandul. Banyak sekali perceraian terjadi karena kemandulan. Bahkan masyarakat kita, walaupun tidak secara terbuka, mencibir terhadap para pria yang mandul. Seolah-olah pria tersebut pasti impoten. Padahal bisa jadai semuanya seolah normal namun karena kualitas sperma jelek jadi berkali-kali orgasme pun tidak akan terjadi pembuahan karena sperma sudah mati duluan sebelum mencapai indung telur.

jadi ngelantur kemana-mana, gpp semua yang dibahas masih dalam koridor kesehatan pria bukan. Dan bicara tentang kesehatan pria tentu tidak akan terlepas dari kelamin pria yang spesial. Dari situ bersumber kebahagiaan berkeluarga. Baik saat bercinta maupun kebahagiaan berkeluarga dengan memiliki keturunan.

Kesehatan pria dan alat vitalnya, seperti dibahas diatas memang selalu berhubungan dengan 2 hal yaitu pola hidup dan pola makan. Pola hidup yang sehat dengan rutin berolah raga walaupun tidak selalu harus lama atau ke gym sudah cukup. Jogging 10 menit tiap hari berpengaruh sangat besar terhadap kesehatan para pria. Baik kesehatan di kantor maupun di ranjang.

Demikian juga pola makan, makan yang cukup tidak kurang dan tidak berlebihan dan makan teratur adalah kondisi yang sangat disarankan bagi pria untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Sehat tidak selalu six pack, tidak pasti kekar dan tidak perlu kekar membahana. Sehat artinya anda jarang sakit. Dan kalaupun sakit, anda hanya sakit ringan seperti sakit flu saja yang memang sulit untuk dihindari.

Pria memang makluk yang spesial. Tugasnya sebagai pelindung dan pengayom keluarga cukup berat. Sementara dia sendiri juga harus mengurusi dirinya sendiri. Karena itu menjaga kesehatan adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Bagaimana mau bahagia dengan keluarga jika badan sakit. Bukan bahagia malah tersiksa.

Hidup sehat itu tidak susah. Dengan pola makan dan pola hidup yang baik semua akan baik-baik saja. Dan jika itu bisa ditularkan ke seluruh anggota keluarga maka anda akan menciptakan sebuah keluarga yang harmonis dan penuh kebahagiaan. Hidup sehat adalah hidup yang penuh warna dan menjadi dambaan bagi semua insan didunia.