(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Apa yang Dikonsumsi Calon Ayah Pengaruhi Kesehatan Anaknya Kelak

Admin rsud | 09 April 2019 | 358 kali

Tak hanya makanan calon ibu saja yang perlu diperhatikan saat merencanakan punya anak. Makanan yang dikonsumsi calon ayah juga memberikan pengaruh yang cukup besar bagi kesehatan calon anak kelak. Konsumsi makanan sehat ini juga perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelum merencanakan punya anak.

Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dipimpin oleh Sarah Kimmins dari McGill University, Montreal, Kanada. Terlihat dalam penelitian tersebut, yang menggunakan tikus sebagai subjek penelitian, bahwa tikus jantan dengan diet miskin vitamin B9 atau asam folat ternyata berisiko punya anak dengan tingkat cacat lahir lebih tinggi dibandingkan dengan tikus lain yang makan sumber asam folat yang cukup.

Tingkat kecacatan saat lahir ini bahkan meningkat hampir 30 persen. "Kecacatan yang terlihat antara lain kelainan tulang yang cukup parah pada bagian wajah hingga kelainan bentuk tulang belakang," jelas Kimmins.

Menurut para peneliti ini, kelainan ini disebabkan oleh epigenome pada sperma yang berubah akibat kekurangan asam folat. Bila temuan pada tikus ini ternyata juga berlaku pada manusia, maka para calon ayah harus berpikir ulang saat ingin mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Ayah juga perlu mengonsumsi makanan sumber asam folat seperti sayuran berdaun hijau, sereal, buah, daging dan ikan. Selain itu, gaya hidup sehat juga akan membantu meningkatkan kesehatan sperma yang juga menentukan kesehatan anak kelak.

Article By Bebby Sekarsari