(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Apa itu melanoma uterus, gejalanya bagaimana dan cara apa untuk mengatasinya

Admin rsud | 24 Januari 2018 | 3065 kali

Definisi
Melanoma adalah kanker ganas yang terdiri dari sel-sel pigmen (melanosit). Hal ini cukup jarang terjadi, tidak lebih dari 1% dari total kanker. Namun, kematian di melanoma mencapai tingkat tinggi, karena hal ini dianggap sebagai salah satu kanker yang paling agresif.

Melanoma merupakan jenis kanker kulit ini ditandai dengan percepatan pertumbuhan dan perkembangannya, sel-sel kanker membentuk metastasis tidak hanya di kawasan lokalisasi, tetapi juga sangat cepat menembus ke limfatik dan peredaran darah, mempengaruhi kelenjar getah bening dan organ-organ jauh internal. Pada tahap terakhir, metastasis ke organ vital, melanoma menjadi tak tersembuhkan.

Melanoma yang paling sering terbentuk pada permukaan kulit, apalagi itu menyerang struktur mata, mukosa hidung dan mulut, berlendir permukaan rahim dan rektum. Pada 70% kasus kanker berkembang dari berbagai formasi pigmen di kulit (tahi lalat, tanda lahir dan bintik-bintik pigmen).

Gejala Klinis
Melanoma uterus dibagi menjadi tiga jenis utama yaitu melanoma serviks dan uterus, melanoma vagina dan melanoma vulva. Paling berbahaya adalah melanoma serviks dan uterus karena sulit untuk didiagnosa dan sering ada melanoma sekunder di daerah vagina dan vulva.

Tidak lebih dari 0,1% dari semua kasus melanoma dan kurang dari 1% dari lesi kanker rahim secara umum. Melanoma vagina terjadi 5 kali lebih sering antara penyakit ganas tubuh dari total 5-7%. Bahkan lebih sedikit yaitu melanoma vulva adalah sekitar 0,01% dari semua kasus melanoma dan sekitar 2-3% dari jumlah total lesi kanker dalam vagina.

Pengembangan melanoma daerah vulva karena adanya kepadatan tinggi melanosit di area genital, sementara paling sering terkena bibir klitoris dan labia.

Penyebaran Melanoma uterus di daerah vagina dan vulva terjadi langsung (mengalahkan organ sekitarnya). Untuk tahap perkembangan kanker ganas, ditandai dengan penyebaran sel kanker leukemia limfositik dari sistem limfatik (metastasis kelenjar getah bening) dan osteomielitis hematogenik oleh sel-sel kanker yang bermigrasi ke sistem peredaran darah, dengan metastasis terjadi tidak hanya di organ-organ pelvis, tetapi juga di organ-organ internal yang jauh.

Jenis Melanoma
Bentuk yang paling umum melanoma adalah bentuk nodular dicatat dalam 20% dari kasus kanker Melanoma. Dalam penyebaran tumor pertumbuhan arah vertikal dan horisontal, sementara dalam arah vertikal pertumbuhan berjalan lebih cepat. Lebih berbahaya karena dianggap melanoma ditandai dengan penetrasi jauh ke jaringan sekitar.

Sebab Melanoma
Melanoma paling sering mempengaruhi wanita dengan rahim dengan indikator berikut:

  1. Berdasarkan terjadinya menopause;
  2. umur lebih dari 50 tahun;
  3. faktor genetik (orang dengan rambut pirang atau merah);
  4. kecenderungan keturunan (penyakit melanoma antara kerabat dekat);
  5. aktivitas seksual dini dan sering berubah mitra;

Penyebab utama melanoma adalah degenerasi sel jinak dalam bentuk ganas di genital. Faktor-faktor seperti riwayat paparan berlebihan dari radiasi ultraviolet, terbakar sinar matahari, penyalahgunaan kunjungan ke solarium, berjemur di bawah sinar matahari tanpa krim pelindung serta penggunaan jangka panjang obat-obatan hormon jenis tertentu.

Tahap Melanoma Uterus
Tahap kanker rahim ditentukan jika status pasien percobaan klinis.

  • Ukuran dan ketebalan neoplasma tidak sangat signifikan (ukuran tumor mencapai 2 mm, kedalaman penetrasi ke dalam kulit lapisan kurang dari 1 mm), permukaan kulit agak berubah;
  • Perubahan permukaan kulit dan peningkatan ukuran;
  • Bengkak kelenjar getah bening dan dekat organ panggul kecil;
  • Metastasis paru-paru muncul (jarang dalam hati, kelenjar adrenal, otak, tulang-tulang rangka), sel-sel tumor menyerang jauh ke kelenjar getah bening, tumor ganas yang timbul pada daerah kulit yang lain.

Diagnostik
Walaupun melanoma uterus relatif jarang terjadi, ia membawa bahaya karena lokasinya yang tersembunyi dan kesulitan dalam tahap awal dari penemuan. Manifestasi pertama melanoma uterus cukup sulit, tapi ada beberapa gejala sinyal ganas yang dapat diproses:

  • penampakan kecil atau perdarahan berat;
  • munculnya perasaan bengkak di vagina;
  • kencing menyakitkan;
  • rasa sakit dan perdarahan selama hubungan seksual;
  • perubahan warna vagina, gatal, iritasi dan luka di sekitarnya;
  • sembelit;
  • nyeri panggul;
  • kelenjar getah bening bengkak.

Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter Anda untuk diagnosis yang akurat. Pada tahap awal kanker pada organ kelamin wanita dapat ditentukan dengan sitologi serviks yaitu pap smear atau kolkoskopi.

Menentukan secara lebih akurat digunakan biokimia tes darah untuk mendeteksi metastasis paru, CT, MRI, foto thorax digunakan untuk memvalidasi organ lainnya. Kehadiran metastasis pada kelenjar getah bening ditentukan oleh biopsi.

Pengobatan
Metode pengobatan bertujuan mengevaluasi tingkat penyebaran melanoma, invasi secara mendalam dan kondisi umum pasien. Dasar metode dalam mengobati melanoma uterus dengan operasi dan terapi radiasi. Kadang-kadang digunakan gabungan kedua metode.