(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

ALASAN MENGAPA MEMERLUKAN WAKTU UNTUK MENGURUS JENAZAH

Admin rsud | 10 Februari 2020 | 959 kali

Setiap orang mengalami kelahiran dan kematian. Pada titik akhir kematian, berbagai macam kebiasaan atau ritual dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada yang pernah mengisi hidup di dunia ini. Kebiasaan tersebut ada sesuai dengan adat istiadat dan kepercayaan yang dianut oleh almarhum maupun keluarganya.

            Bagi masyarakat Buleleng dan sekitarnya, salah satu tempat yang berkenaan dengan kematian adalah kamar jenazah di RSUD Kab. Buleleng. Dahulu kamar jenazah berdiri sebagai suatu unit pemulasaraan jenazah, yang pada media tahun 2019 telah digabung dengan kedokteran Forensik menjadi Instalasi Kedokteran Forensik. Penggabungan ini menjadi upaya untuk menambah pelayanan terhadap jenazah, juga memberikan pelayanan optimal bagi keluarga yang ditinggalkan.

            Pelayanan optimal bagi jenazah merupakan suatu usaha berkesinambungan dari setiap komponen RSUD Kab. Buleleng dari saat seseorang dinyatakan meninggal dunia di ruang rawat inap atau IGD hingga dikembalikan kepada pihak keluarga atau yang berwenang terhadapnya. Pemberian pelayanan tersebut diawali dengan cara pandang terhadap jasad orang yang telah meninggal dunia, yaitu bukan hanya sekedar jasad yang perlu dikembalikan kepihak keluarga tetapi sebagai pasien yang layak diperlakukan dengan penuh penghormatan. Salah satu bentuk penghormatan yang diberikan adalah memberikan pelayanan dengan ber-etika yakni setiap jenazah harus diperlakukan secara baik dan layak. Perlakuan ini menjadi komitmen yang diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi keluarga yang ditinggalkan.

Bentuk rasa aman lain yang dapat diberikan kepada setiap jenazah di RSUD Kab. Buleleng yaitu pilihan tindakan yang akan dilakukan pada jenazah, upaya identifikasi, dan kepastian administrasi. Pilihan tindakan yang dilakukan terhadap jenazah sepenuhnya diberikan kepada pihak keluarga. RSUD Kab. Buleleng menawarkan berbagai macam pilihan seperti memandikan, penitipan jenazah ataupun tindakan kedokteran lain yang dapat dilakukan terhadap tubuh jenazah tersebut dan pada kondisi tertentu, dokter Forensik akan memberikan saran mengenai hal terbaik yang sebaiknya dilakukan kejasad. Dalam hal upaya identifikasi jenazah, dilakukan untuk menghindari terjadi tertukarnya jenazah, salah satunya dengan gelang pasien dan rantai penerimaan jenazah dariruangan dengan baik. Upaya ini juga menjadi bagian dari syarat akreditasi RS. Proses administrasi yang baik diperlukan untuk menjamin hak dari almarhum, salah satunya penerbitan Surat Keterangan Kematian. Surat ini akan dibutuhkan oleh keluarga yang ingin mengurus asuransi, dsb.

Kematian seseorang dapat disebabkan oleh berbagai macam hal salah satunya akibat suatu peristiwa yang dicurigai tindak pidana. Pada kondisi ini, maka harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap jenazah oleh dokter atau dokter forensik. Pemeriksaan ini bertujuan untuk membantu pihak berwenang dalam proses penyidikan hingga pengadilan, sedangkan bagi keluarga untuk mendapatkan keadilan.

            Semua hal di atas pada akhirnya membutuhkan waktu. Bagi data atau kepercayaan tertentu, waktu untuk membawa pulang jenazah sangatlah penting. Namun, waktu juga yang diperlukan agar pelayanan terhadap jenazah menjadi optimal sehingga dapat dilakukan hal terbaik bagi jenazah yang dicintai.