(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

4 Tahap Menopause Yang Perlu Diketahui Para Wanita

Admin rsud | 09 April 2019 | 44938 kali

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), menopause merupakan masa berhentinya haid yang permanen akibat hilangnya aktivitas folikuler ovarium. Seorang wanita dapat dikatakan memasuki tahap menopause bila sudah 12 bulan berturut-turut tidak mengalami haid tanpa adanya pemicu seperti penyakit tertentu, pengobatan tertentu, kehamilan atau masa menyusui. Rata-rata, wanita memasuki tahap menopause di usia 50-52 tahun.

Terdapat empat tahap menopause yang akan dialami oleh para wanita. Transisi dari setiap tahap ini umumnya berlangsung antara satu hingga tiga tahun. Berikut tahapan menopause yang perlu Anda pahami:

1. Pramenopause
Pada tahap pramenopause akan terjadi kekacauan siklus haid, perubahan psikologis, perubahan fisik, perdarahan memanjang dan relatif banyak yang terkadang disertai nyeri haid. Pramenopause merupakan permulaan dari transisi klimaterik yang dimulai dua hingga lima tahun sebelum menopause. Pramenopause terjadi pada usia antara 45-55 tahun.

2. Perimenopause
Perimenopause adalah masa ketika kondisi tubuh menyesuaikan diri dengan masa menopause yang berkisar antara 2-8 tahun ditambah dengan satu tahun setelah periode terakhir menstruasi. Di Indonesia, usia perimenopause berkisar antara 46-55 tahun.

3. Menopause
Pada tahap menopause, ovarium berhenti mengeluarkan hormon estrogen dan progesterone namun tetap mengeluarkan hormon pria seperti testosterone dan androstenedione yang menyebabkan semakin menonjolnya perubahan serta keluhan psikologik dan fisik. Tahapan ini bisanya terjadi pada  usia antara 49-50 tahun, dan dapat berlangsung selama 3 hingga 4 tahun.

4. Pascamenopause
Pada tahap ini, sudah terjadi adaptasi perubahan psikologis dan fisik, ovarium juga sudah tidak berfungsi dan mengalami atrofi atau pengecilan ukuran. Selain itu, hormon gonadotropin meningkat. Usia rata-rata wanita berada pada tahap pascamenopause adalah 50-55 tahun. Normalnya, paskamenopause berlangsung kira-kira 10-15 tahun diikuti oleh masa senium (uzur) sekitar usia 65 tahun sampai akhir kehidupan.


Article By Bebby Sekarsari