(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

4 Dampak Meningitis Terhadap Kehidupan Anak

Admin rsud | 09 April 2019 | 673 kali

Meningitis merupakan infeksi yang terjadi pada selaput pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, namun kebanyakan terjadi pada balita. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya yang belum terbentuk secara sempurna.

Meningitis dapat menimbulkan dampak yang sangat serius, meskipun pada setiap orang dampaknya bisa berbeda-beda. Semua tergantung dari jenis bakteri dan virus penyebab meningitis. Beberapa dampak meningitis terhadap kehidupan anak, di antaranya adalah:

1. Tumbuh kembang
Meningitis dapat memengaruhi tumbuh kembangnya, seperti kehilangan pendengaran, bisa parsial atau total.

2. Keseimbangan dan koordinasi
Anak juga berisiko menghadapi masalah dalam koordinasi dan keseimbangan, kesulitan belajar yang bisa bersifat sementara atau permanen, gangguan bicara, penglihatan hilang sebagian atau total, epilepsi, hingga lumpuh otak atau cerebral palsy.

3. Munculnya gangren
Mengakibatkan munculnya gangren, yang merupakan jaringan rusak yang akan mati. Jaringan ini dirusak oleh racun yang dihasilkan oleh bakteri yang masuk ke dalam darah, yang bilamana kerusakan jaringannya sangat parah, maka mungkin diperlukan prosedur amputasi seperti pada lengan dan kaki.

4. Konsentrasi
Dampak lainnya adalah gangguan konsentrasi, misalnya anak sulit memusatkan perhatian saat diajak bermain, atau sering seperti tidak mendengarkan bila diajak bicara.

Sumber: Majalah Silver, Siloam Hospitals.


Article By Bebby Sekarsari